Ternyata Ini Asal Usul Wayang Kulit yang Sempat Disebut Adidas dari Malaysia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ternyata Ini Asal Usul Wayang Kulit yang Sempat Disebut Adidas dari Malaysia
Sepatu Adidas (Foto: Instagram @adidasph)
BERITA Kanal Straight Kanal Viral

Ternyata Ini Asal Usul Wayang Kulit yang Sempat Disebut Adidas dari Malaysia

Satukanal.com, Nasional – Koleksi sepatu dari Adidas, UltraBOOST DNA City Pack dengan desain Wayang Kulit menjadi perbincangan bagi netizen Indonesia. Lantaran wayang kulit disebut berasal dari Malaysia.

Adanya kesalahan tersebut, Adidas Singapura kini telah meminta maaf dan mengakui bahwa wayang kulit adalah kebudayaan Indonesia.

“Terima kasih sudah menghubungi kami. Meski wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti [bahwa Wayang Kulit] aslinya berasal dari Indonesia. Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan [untintentional offence] yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami,” tulis Adidas Singapura melalui Instagram Story, Rabu (17/11/2021).

Terdapat enam individu kreatif asal Asia Tenggara, yang mana masing-masing desain terinspirasi identitas khas Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Koleksi ini disebut merupakan cerminan dari keragaman, kekayaan budaya, masyarakat, dan identitas khas wilayah ini.

Baca Juga :  Upaya Lindungi Anak-anak, Youtube Ubah Kebijakan Monetisasi

Sementara Jaemy Choong merupakan perwakilan Malaysia, Yeri Afriyani (Calla the Label) jadi wajah desain koleksi dari Indonesia, Greg Guleserian (Egg Fiasco) untuk Filipina, Eman Raharno Jeman (Clogtwo) dari Singapura, Tanit Likitthamarak dari Thailand, dan Le Thanh Tung (Crazy Monkey) dari Vietnam.

Perlu diketahui, wayang tidak hanya ada di Indonesia namun juga sejumlah negara tetangga lainnya, termasuk Malaysia, India, dan China. Lalu dari mana asal usul Wayang Kulit sebenarnya? simak berikut ini.

Melansir Portal Informasi Indonesia, wayang dikategorikan sebagai warisan kebudayaan masa lampau di Nusantara. Wayang merupakan seni pertunjukkan yang identik dengan budaya Jawa dan memang berkembang di wilayah Jawa, tepatnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga :  5 Aksesoris Berbahaya Jika Ada di Dalam Mobil, Hindari!

Budayawan sekaligus filolog asal Belanda, Jan Laurens Andries Brandes, berpendapat bahwa wayang memiliki hubungan yang erat dengan 3 unsur kehidupan di Jawa, diantarannya:

  • Kehidupan sosial,
  • Kultural,
  • Religius.

Tak hanya wayang kulit, saat pertunjukkan wayang juga memperlihatkan kebudayaan Indonesia, seperti gamelan, bentuk-bentuk metrik, dan batik. Begitu pula dengan istilah-istilah teknis yang dipakai, yang mana menggunakan bahasa Jawa, bukan Sansekerta.

Sebagai informasi, pada 7 November 2003 lalu, mengutip laman UNESCO, wayang kulit juga diakui sebagai seni tradisional dari Jawa dan Bali. UNESCO bahkan sudah mengakui pertunjukan wayang kulit sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia. Pengakuan dari UNESCO tersebut didasarkan pada fakta keragaman manifestasi seni pertunjukan wayang kulit di Indonesia itu sendiri.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait