Ternak Laboratorium: Makan Daging Tanpa Bunuh Hewan. Ada Yang Mau Coba ? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ternak Laboratorium Makan Daging Tanpa Bunuh Hewan Ada Yang Mau Coba
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ternak Laboratorium: Makan Daging Tanpa Bunuh Hewan. Ada Yang Mau Coba ?

SATUKANAL.com, INTERNASIONAL – Hasil Peternakan Laboratorium AS Eat Just siap beredar dipasar. Masyarakat Singapura menjadi pasar pertama bagi peternak laboratorium. Pasalnya selain mereka menikmati hasil peternakan laboratorium, Singapore Food Agency menyetujui adanya peternakan laboratorium yang dihasilkan oleh perusahaan AS.

Peternakan laboratorium adalah peternakan dimana daging yang dihasilkan berasal dari pengembangan kultur sel. Dikutip dari laman instagram narasi, Direktur Jendral Administrasi Makanan Deputi CEO Singapore Food Agency, Tan Lee Kim menjelaskan “Level kedua dari yang akan kami lihat adalah proses produksi, dan proses kontrolnya untuk memastikan tidak ada yang terkontaminasi. Level ketiga kami akan melihat produk itu sendiri memastikan mereka memenuhi standart makanan kami”.

Proses pembuatan daging hasil ternak laboratorium ini tergantung dari tujuan awalnya. Misal daging ayam yang akan dibuat, maka para yang diperlukan adalah pengambilan sel dari jaringan ayam. kemudian sel di isolasi agar dapat tumbuh. Sel tersebut diberi nutrisi secara berkala. Sehingga sel tersebut seolah masih pada ayam. Kemudian daging akan bertumbuh sesuai tujuan awal yakni daging ayam. Rasa dari daging ayam ini, sama seperti rasa daging yang disembelih pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada tekstur dagingnya saja.

Tujuan dari pengembangan daging dari kultur sel tersebut dinilai mampu mengatasi krisis iklim. Karena daging merupakan emisi atau penyumbang gas tersebesar setelah karbondioksida. Selain itu peternakan juga menyebabkan alih fungsi lahan yang cukup luas. Serta meimbulkan limbah udara lebih besar daripada polusi kendaraan bermotor.


Pewarta : Yuni Shafera

Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait