Terkini! BMKG Sebut Gempa Bumi 7 Januari 2021 di Baratdaya Bone Bolango Tidak Berpotensi Tsunami | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terkini! BMKG Sebut Gempa Bumi 7 Januari 2021 di Baratdaya Bone Bolango Tidak Berpotensi Tsunami
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Terkini! BMKG Sebut Gempa Bumi 7 Januari 2021 di Baratdaya Bone Bolango Tidak Berpotensi Tsunami

SATUKANAL.com, NASIONAL– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa bumi terkini berkekuatan M 6,4 di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Indonesia pada Kamis (07/01/2021) pukul 04.59 WITA.

BMKG menyebut jika episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.1 LS dan 123.05 BT atau laut 71 km baratdaya Kabupaten Bone Bolango dengan kedalaman 131 KM. BMKG mengingatkan agar masyarakat di baratdaya Bone Bolango mewaspadai potensi gempa susulan.

Melansir dari laman resmi BMKG dikatakan bahwa gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. “Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami,” tulisnya.

Bedasarkan hasil BMKG, jenis dan mekanisme gempa bumi yang terjadi pada kamis (7/01/2021) itu, akibat dari aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Gempa bumi tersebut tergolong menengah.

Perihal gempa yang terjadi, belum ada informasi kerusakan serta ada tidaknya korban jiwa akibat gempa ini. BMKG menghimbau warga untuk tetap waspada dengan potensi gempa susulan.

Baca Juga :  Jenis Mutasi Baru Virus Covid-19 di Inggris, Potensi Penularan Lebih Mudah

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” kata Bambang SetyoPrayitno selaku kepala Pusat gempa Bumi dan Tsunai BMKG

Ia juga meminta kepada msyarakat untuk memastikan bangunan tempat tinggalnya aman atau tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Untuk sekedar diketahui sebagai informasi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia termasuk daerah rawan gempa. Merujuk pada data BMKG selama 1976-2006 saja telah terjadi 3.486 gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 6,0.

Gempa bumi sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pertama, gempa tektonik yang terjadi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan di kulit bumi secara tiba-tiba. Fenomena itu terjadi akibat pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Gempa bisa juga terjadi karea aktivitas gunung api.

Baca Juga :  Jokowi Jadi Orang Pertama Yang Disuntik Vaksin Covid-19

Kedua, yaitu gempa bumi vulkanik. Pergerakan lapisan batuan di dalam bumi secara tiba‐tiba dapat menghasilkan energi yang dipancarkan ke segala arah berupa gelombang seismik. Saat gelombang itu mencapai permukaan bumi, getarannya bisa merusak segala sesuatu, seperti bangunan, hingga dapat menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Baratdaya Bone Bolango hari ini dirasakan pada sejumlah tempat. Dari data yang dilansir dari tirto.id dsebutkan bahwa pusat gempa berada di laut 41 km Barat Daya Bengkulu Selatan dirasakan (Skala MMI) pada lokasi berikut, antara lain:

  • IV-V Kota Bengkulu
  • IV Manna
  • III-IV Kepahiang
  • III Lubuk Linggau
  • III Pagar Alam
  • III Lahat
  • II-III Pesisir Barat
  • II-III Liwa
  • III Argamakmur
  • III Rejang Lebong
  • III Bengkulu Tengah

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait