Terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas, Akan Masuk dalam Raperda Kabupaten Kediri 2021 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas, Akan Masuk dalam Raperda Kabupaten Kediri 2021
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas, Akan Masuk dalam Raperda Kabupaten Kediri 2021

Satukanal.com, Kediri Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri, membahas terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas secara penuh dan sedang berlangsung persiapan materi Raperda terkait permasalahan tersebut.

Peraturan Daerah (Perda) terkait disabilitas tersebut, merupakan perwujudan integrasi program pemerintah pusat  Presiden Joko Widodo. Salah satunya bertujuan untuk mengutamakan hak-hak para disabilitas.

“Sejauh ini kita tengah persiapkan termasuk menyerap aspirasi dari teman-teman disabilitas dan mudah-mudahan tahun 2021 bisa masuk di Raperda,” kata Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, kepada Satukanal.com, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga :  Dampak Pengurangan Dana BOS, Sekolah Madrasah Kabupaten Kediri Potong Gaji Guru Hingga 40 Persen

Dikatakan, para Anggota DPRD Kabupaten Kediri nantinya akan merancang Perda tersebut berdasarkan serapan aspirasi langsung dai para disabilitas.

Menurutnya, kehadiran Perda tersebut diharapkan bisa memberikan hak dan kesempatan yang lebih baik bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri.

Mulai dari hak untuk hidup, mendapatkan pekerjaan, pendidikan, hingga kemudahan mengakses fasilitas umum.

“Sehingga apa yang menjadi hak-hak difabel bisa terwujud dan diharapkan tidak ada lagi yang namanya difabel adalah minoritas. Termasuk kita akan tekankan terhadap masing-masing kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membuat kondisi kantor tersebut ramah lingkungan bagi teman-teman difabel,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kabupaten Kediri Siapkan Seluruh Sektor, Guna Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Selain itu, para anggota DPRD juga berharap peran aktif dari Pemda Kediri nantinya untuk melakukan jemput bola dengan program-program guna peningkatan SDM para difabel.

“Tentunya didukung dengan akses yang layak. Baik di kantor pemerintah maupun fasilitas umum lainnya,” terangnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait