Terjaring Razia PPKM Dua Kali, Surat Usaha Bakal Ditarik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terjaring Razia PPKM Dua Kali, Surat Usaha Bakal Ditarik
Sejumlah aparat kepolisian yang bertugas dalam PPKM Darurat (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Terjaring Razia PPKM Dua Kali, Surat Usaha Bakal Ditarik

Satukanal.com, Batu – Gonjang-ganjing pandemi Covid-19 masih sangat terasa. Angka korban terjangkit semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan regulasi baru yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3 hingga 20 Juli 2021.

Setelah beberapa hari berjalan, Tim Gabungan TNI, POLRI dan Satpol PP telah menyisir beberapa tempat usaha, wisata serta perkantoran. “Sekitar 80 persen rumah makan sudah kami sentuh. Untuk tempat wisata, seluruhnya sudah kami pastikan tutup,” jelas Kasat Sabhara Polres Batu, AKP Achmad Zainuddin, Selasa (6/7/2021).

Namun, pelaku usaha tetap diperbolehkan buka seperti biasa dari pagi hingga pukul 20.00 WIB. Sebagai syarat, mereka hanya boleh melayani delivery order atau take away. Para pelaku usaha pun bersikap kooperatif dengan melipat seluruh kursi maupun meja yang dimiliki.

Baca Juga :  Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan

Sebagian besar tampaknya juga telah mematuhi regulasi yang ada. Seperti yang diungkapkan Zainuddin sapaan akrabnya, jika beberapa hari ke belakang pola yang dilakukan hanya sosialisasi dan himbauan, maka mulai Selasa (7/7/2021) penindakan akan dilakukan.

Pada penindakan pertama, pelanggar akan dikenai denda. Sedangkan di pelanggaran kedua, langkah tegas akan dilaksanakan. “Kalau sudah dua kali melanggar, izin usaha akan dicabut. Tempat usaha juga akan disegel seperti arahan Bu Walikota,” paparnya. Ia juga tetap menghimbau wisatawan yang akan datang ke Kota Batu untuk membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), Surat Vaksin tahap pertama dan Surat PCR.

Harapannya, masyarakat bisa mematuhi semua regulasi yang ditetapkan pemerintah. Karena semua pemberlakuan ini merupakan hal yang harus dilakukan demi keselamatan seluruh elemen masyarakat.  Untuk warga Batu, ia menghimbau agar tetap standby di rumah saja sembari menunggu kondisi membaik, kecuali jika ada kepentingan.

Baca Juga :  Vaksin Anak Sekolah di Kediri Mulai Digencarkan

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan ada jargon pendukung penindakan PPKM Darurat yakni “Beri kesempatan dan dukung kami bekerja untuk membantu pemerintah mengurangi angka penyebaran Covid-19 ini,” sebutnya.

Ketika ditanya mengenai kesempatan perpanjangan PPKM Darurat jilid dua nantinya, ia menjawab dengan optimis. “Asalkan semua masyarakat bisa bekerjasama secara maksimal, InsyaAllah tidak diperpanjang, yang terpenting disini kerjasama baik antara masyarakat dengan aparat,” tutupnya.

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait