Terbaru! Stiker Hologram Bakal Ditempel di Semua Kendaraan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terbaru! Stiker Hologram Bakal Ditempel di Semua Kendaraan
Pemeriksaan kendaraan oleh pihak kepolisian (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Terbaru! Stiker Hologram Bakal Ditempel di Semua Kendaraan

Satukanal.com, Nasional – Terbaru, seluruh kendaraan bermotor baik mobil atau motor, nantinya akan dipasang stiker hologram yang sudah dilengkapi dengan 18 QR Code.

Hal tersebut merupakan inovasi digitalisasi dari Korlantas Polri bersama Jasa Raharja dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, sebagai bentuk digitalisasi pajak kendaraan (road tax).

Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja Amos Sampetoding mengatakan, stiker hologram ini nantinya dilengkapi instrumen Radio Frequency Identification (RFID). Sehingga pihak kepolisian dapat mengetahui dengan mudah pemilik kendaraan bermotor yang taat bayar pajak ataupun melakukan penilangan secara digital.

Diketahui, nantinya stiker ini akan berukuran panjang 60 milimeter dan lebar 90 milimeter, stiker memiliki logo Polri dan Jasa Raharja, nomor polisi, jenis kendaraan, masa berlaku, barcode, dan warna yang berubah setiap tahunnya. Sehingga, sangat mudah untuk petugas dalam identifikasi kendaraan yang sudah ataupun belum membayar pajak.

Baca Juga :  "Salam dari Binjai" Kian Viral Hingga Diadaptasi Jadi Game Gratisan

Kelak, stiker berhologram tersebut dalam implementasinya juga akan dipasang di kaca depan sebelah kiri atas/bawah ataupun sebelah kanan atas kendaraan. QR Code terkait juga akan dikembangkan dengan instrumen Radio Frequency Identification (RIFD) untuk dapat mempermudah polisi dalam melakukan tilang secara digital.

Selanjutnya, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan Ini adalah fungsi kontrol dan mekanisme yang lebih efektif untuk penandaan kendaraan telah dan tertib membayar pajak.

Baca Juga :  Erick Thohir Minta Fasilitas Toilet Umum di SPBU Digratiskan

Sebagai informasi, setiap orang yang mangkir dari keharusan membayar pajak tentu saja bakal dikenakan sanksi. Denda pajak yang semakin lama semakin besar merupakan salah satu bentuk sanksi telat membayar pajak.

Apabila terkena razia surat-surat ketika sedang mengemudi mobil atau motor di jalan, aparat keamanan bisa melakukan penindakan seperti tilang, sanksi denda, bahkan sampai pidana penjara yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 288 Ayat 1.

Besaran dendanya tak bisa dikatakan sedikit. Anda bisa merogoh kocek sampai dengan Rp500 ribu. Sementara, hukuman kurungan penjara berlangsung paling lama dua bulan.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait