SATUKANAL.COM
Alhamdulillah, 5 dari 6 Pasien Yang Sembuh Covid-19 di Kota Malang Ternyata 1 Keluarga
Ilustrasi: SATUKANAL.com
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Alhamdulillah, 5 dari 6 Pasien Yang Sembuh Covid-19 di Kota Malang Ternyata 1 Keluarga

SATUKANAL, MALANG – Ada kabar menggembirakan di Kota Malang, 6 Pasien Positif Covid-19 sembuh. Kabar ini cukup melegakan mengingat akhir-akhir ini pasien positif Covid-19 terus bertambah.

Kabar ini menambah total pasien positif Covid-19 yang sembuh di Kota Malang sejak Maret 2020 lalu ini menjadi total 32 pasien sembuh. Sementara itu masih terdapat 33 pasien yang menjalani perawatan, hingga kemarin Senin (8/6/2020).

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengungkapkan bahwa dari keenam pasien positif Covid-19 yang sembuh ini dari 6 Pasien Covid-19 Malang Sembuh, 5 di antaranya merupakan satu keluarga yang berdomisili di kawasan Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

“Pasien positif Covid-19 yang sembuh, 5 orang dari satu keluarga merupakan warga wilayah Kecamatan Blimbing. Sedangkan 1 pasien lagi merupakan warga dari Kecamatan Sukun yang sebelumnya ada riwayat perjalanan dari Surabaya,” terangnya.

Baca Juga :  Begini Cara Dosen FISIP UB Agar Tidak "Termakan" Berita Hoax Covid-19

Kabar baik lainnya adalah dengan seiring dengan pasien yang telah dinyatakan sembuh, per hari ini juga tidak ada penambahan catatan kasus positif Covid-19 di Kota Malang.

Artinya, total kasus masih sama dengan hari sebelumnya sebanyak 69 pasien. Dari jumlah ini, 4 pasien sebelumnya juga sudah ada yang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu, di masa transisi menuju New Normal tahap ke II ini jumlah kasus Covid-19 kategori lainnya masih mengalami penambahan.

Kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat 2.311 pasien atau bertambah 48 dari hari sebelumnya. Kemudian, OTG (Orang Tanpa Gejala) juga bertambah 4 menjadi 479.

Sedangkan, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 928 atau bertambah 6 dari hari sebelumnya. Dengan rincian, 67 masih dalam tahap dipantau, 860 sudah selesai pemantauan, dan 1 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) totalnya menjadi 269 atau bertambah 3 orang dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 144 orang, yang masih dalam perawatan ada 104, dan meninggal dunia sebanyak 21.

Baca Juga :  Sektor Pariwisata Indonesia dalam Pusaran Pandemi

Lebih lanjut, Juru Bicara Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyampaikan meski pasien positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh namun tidak bisa serta merta begitu saja bebas beraktivitas di luar rumah.

Sebab, mereka tetap harus dipantau petugas kesehatan dan harus menjalani masa karantina mandiri untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

“Jadi setelah dinyatakan sembuh maka kita (petugas kesehatan) tetap bergerak dari Dinas Kesehatan itu. Pasien kita pesankan tetap harus melakukan physical distancing dan menjalani protokol kesehatan pencegahan Covid-19, serta tetap dipantau kondisinya. Sehingga, pasien bisa mempertahankan daya tahan tubuhnya,” pungkasnya.

Kanal Terkait