Terbanyak di Indonesia, UB Terima 4.446 Mahasiswa Dari Jalur SNMPTN - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terbanyak di Indonesia, UB Terima 4.446 Mahasiswa Dari Jalur SNMPTN
STRAIGHT NEWS

Terbanyak di Indonesia, UB Terima 4.446 Mahasiswa Dari Jalur SNMPTN

SATUKANAL.com, MALANG–  Sebanyak 4.446 calon mahasiswa diterima di Universitas Brawijaya (UB) melalui jalur Seleksi Nasional  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dari total 41.759 pendaftar. Jumlah tersebut merupakan terbanyak jika dibandingkan dengan kampus lain yang hanya menerima sekitar 2000 mahasiswa saja.

“Ada 4.446 calon mahasiswa yang diterima di UB lewat jalur SNMPTN,” ungkap Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya, Kotok Guritno, Selasa (23/03/2021).

Kotok mengungkapkan, tahun ini Universitas Brawijaya juga menerima 551 calon mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), sebanyak 8,07 persen. “Kalau dulu dikenal dengan bidik misi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa total ada 29 provinsi tempat asal calon mahasiswa yang diterima. Provinsi terbanyak asal calon mahasiswa yaitu dari Jawa Timur.

Program studi Saintek menjadi pilihan terbanyak para calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN 2021. Saintek ini terdiri dari kedokteran, teknik informatika, ilmu keperawatan, agribisnis, farmasi, ilmu gizi, sistem informasi, agroekoteknologi, teknik industri dan statistika.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Bakso Berkuah Sadis di Malang

“Untuk proggram studi dengan keketatan tertinggi di Saintek Universitas Berawijaya yakni farmasi,” ujarnya.

Sedangkan program studi dengan keketatan tertinggi di Soshum yakni ilmu hukum. Untuk peminat Soshum tertinggi adalah program studi ilmu hukum.

Sementara itu, Koordinator Akademik Universitas Brawijaya, Hery Prawoto juga mengungkap hal serupa dengan pernyataan Kotok. Menurut Hery, implementasi penerimaannya yaitu sebesar 30 persen kuota mahasiswa yang diterima tahun melalui jalur SNMPTN.

Hery juga menambahkan terkait persyaratan daftar ulang bagi calon mahasiswa baru UB yang dinyatakan lolos melalui jalur SNMPTN tersebut bisa dilihat lewat website resmi UB. Sebelumnya, calon mahasiswa diminta untuk membuat akun di admisi.ub.ac.id.

Penuhi juga berkas biodata dan latar belakang orang tua, unggah Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Surat Keterangan buta warna bagi mahasiswa non-kedokteran dan mengunggah hasil nilai rapor. Daftar ulang para calon mahasiswa akan mulai dilaksanakan pada 29 Maret 2021.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19 di Malang, Peserta SBMPTN Wajib Rapid Test Antigen

“Apabila sampai batas akhir tidak melakukan daftar ulang, maka otomatis mahasiswa tersebut dinyatakan mengundurkkan diri,” ungkap Hery.

Bagi mahasiswa yang tidak lolos jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan UTBK bisa dijadikan pilihan, imbuh Hery. Kesempatan pendaftaran jalur SBMPTn dibuka hingga 1 April 2021. Hery juga menyampaikan bahwa kuota penerimaan jalur SBMPTN UB sebesar 40 persen dan Jalur Mandiri UB sebesar 30 persen.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selain UB ada Universitas Negeri Semarang (Unes) yang berada di urutan selanjutnya sebagai penerima terbanyak calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN dengan 2.765 dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan 2.565 orang.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait