SATUKANAL.COM
BERITA

Terapkan Smart City, Kota Batu Siapkan Infrastruktur Dan Payung Hukumnya

Satuchannel.com, Kota Batu – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu bersama perusahaan teknologi Lintasarta melakukan pertemuan membahas implementasi smart city yang dicanangkan Kota Batu. Hal ini disampaikan Asisten II Pemkot Batu, Endang Trianingsih bahwa pertemuan kali membahas pengadaan implementasi smart city tahap pertama.

Menurut Endang, implementasi smart city memungkinkan masyarakat di wilayah Batu melaporkan keadaan lingkungan di sekitarnya kepada pemerintah kota.

“Di Implementasi Smart City Smart Farming memungkinan petani di Kota Batu dapat berinteraksi dengan pemerintah daerah dan para ahli pertanian, sehingga pengetahuan petani meningkat.” ujar Endang ditemui awak media, Selasa siang (25/7).

Ia menambahkan smart city ini bukan untuk mendapatkan uang atau profit orientit, bukan badan usaha melainkan program pelayanan informasi terhadap masyarakat Kota Batu.

Terkait smart city, Endang juga mengingatkan peraturan Walikota tak cukup kuat. Harus ada Peraturan Daerah (Perda) yang melindunginya. Maka pihaknya masih mengusulkan adanya Peraturan Daerah (Perda) untuk implementasi smart city ini supaya payung hukumnya lebih kuat dan jelas.

“Jika ada pungutan – pungutan dari smart city nantinya masyarakat kalau melapor dapat dilindungi Perda. Kalau pun ada fee atau biaya nanti akan diatur berapa pungutannya melalui Perda jadi lebih jelas.” ungkapnya. (Swd/Ars)

Kanal Terkait