Temuan Situs Watukucur di Jombang, BPCB Fokus Cari Struktur Denah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Temuan Situs Watukucur di Jombang, BPCB Fokus Cari Struktur Denah
Tim BPCB saat mengukur ukuran salah satu batu diduga bagian dari Situs (Anggit Puji/Satukanal)
BERITA Kanal Straight

Temuan Situs Watukucur di Jombang, BPCB Fokus Cari Struktur Denah

Satukanal.com, Jombang – Bukan hanya Mojokerto dan Kediri yang akhir-akhir ini dihebohkan dengan penemuan situs purbakala. Namun, Kabupaten Jombang juga ikut andil dengan temuan situs baru yakni Situs Watukucur di Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Proses Ekskavasi tahap pertama Situs Watukucur ini telah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dan menargetkan struktur denah, bentuk dan ukuran Situs Watukucur.

“Sementara target ekskavasi pertama ini memunculkan struktur denah dan ukuran dari Situs Watukucur,” ucap Muhammad Ichwan, Ketua Tim Eskavasi Situs Watukucur saat ditemui di lokasi Eskavasi, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga :  Sempat Kosong, Akhirnya Bupati Jombang Lantik Sekda Baru

Dalam proses ekskavasi tahap awal ini, pihaknya sudah menemukan setidaknya 12 ompak (pondasi tiang rumah) besar, beberapa ompak kecil, benda kramik dan yoni yang saat ditemukan posisinya berceceran. Ia menduga, bahwa situ ini merupakan tempat suci pada zaman Hindu Siwa Majapahit.

Lebih lanjut, berdasarkan struktur yang sudah tampak, pada sisi timur menunjukkan stuktur yang sejajar berbentuk persegi. Ekskavasi kali ini berupaya mengungkap struktur situs secara umum.

“Apakah itu konsentris, terpusat, atau bagaimana. Otomatis kita akan menampakkan hal serupa baik dari sisi barat, utara, dan selatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Vaksinasi Lansia di Jombang Masih Rendah, Ini Kata Bupati

Selain melakukan eksavasi sesuai target, dirinya bersama tim akan menggali segala aspek yang ada di situs Watukucur ini.

“Ekskavasi Situs Watukucur ini tidak hanya sampai di situ saja, tapi aspek-aspek yang lainnya itu historis maupun arkeologis ya, temuan-temuan pendukung dan penemuan yang lain yang mungkin yang ada kolerasi dengan historis, arkeologis, dan arsitekturalnya seperti apa,” pungkasnya.

 

Pewarta: Anggit Puji 
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait