Temuan Kecurangan di CPNS 2021, Tes CAT Bakal Gunakan Linux - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Temuan Kecurangan di CPNS 2021, Tes CAT Bakal Gunakan Linux
Tes SKD CPNS 9 (Foto: BKN)
BERITA Kanal Straight

Temuan Kecurangan di CPNS 2021, Tes CAT Bakal Gunakan Linux

Satukanal.com, Nasional – Antisipasi kecurangan dalam pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi CPNS di masa mendatang, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian ASN BKN Suharmen menyatakan pihaknya akan menggunakan sistem operasi (OS) Linux dalam pelaksanaannya.

“Operating system ke depan akan dipaksa berada di single platform yaitu Linux. Karena dengan Linux itu akan lebih tidak mudah melakukan kecurangan dan menekan potensi untuk terjadinya remote akses,” terangnya.

Sementara itu, upaya antisipasi lain dari BKN yakni dengan menciptakan sistem artifisial intelijen (AI) guna melakukan analisis terhadap potensi kecurangan dalam seleksi CPNS.

Baca Juga :  5 Aksesoris Berbahaya Jika Ada di Dalam Mobil, Hindari!

Nantinya sistem AI akan memantau langsung melalui komputer atau perangkat peserta CPNS guna meminimalisir upaya berbuat curang menggunakan teknologi.

“Membuat suatu sistem seperti AI untuk melakukan analisis terhadap data-data seluruh peserta yang mengikuti seleksi apakah betul terjadi potensi kecurangan dalam pelaksanaan seleksi,” jelasnya.

Namun, dirinya mengatakan bahwa tak bisa menjamin seleksi CPNS ke depan akan bebas dari kecurangan. Sebab, setiap orang bisa mencari celah dari teknologi yang digunakan, meski pihaknya disebut akan berusaha maksimal untuk menekan potensi kecurangan tersebut.

Baca Juga :  Dimethyl Ether (DME) Bakal Jadi Pengganti LGP, Apa Itu DME?

Sebagai informasi, dari hasil temuan di lapangan terdapat 225 peserta seleksi CPNS dan PPPK Non Guru yang terbukti melakukan kecurangan. Sebagian besar terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 202 peserta dan 23 peserta di Lampung.

Selanjutnya, peserta yang ketahuan melakukan kecurangan akan didiskualifikasi. Suharmen menjelaskan kecurangan tersebut diketahui dari hasil audit menggunakan AI di dua tilok. Dua tiklok tersebut berada di kantor regional Makassar dan wilayah Lampung.

Editor : Naviska

Kanal Terkait