Tekankan Pentingnya Sinergitas untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20210901-WA0050-25dc7b82
Kanal Straight

Tekankan Pentingnya Sinergitas untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Satukanal.com, Kediri – Secara perlahan kondisi pandemi Covid-19 membaik seiring menurunnya angka penyebaran Covid-19, meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diperpanjang.  Dalam situasi ini, peran TNI-Polri diharapkan bisa diperkuat untuk pemberdayaan pelaku usaha agar bangkit di masa pandemi Covid-19. SInergitas institusi ini diyakini dapat menciptakan situasi kondusif yang berpengaruh positif agar ekonomi bangkit setelah didera berbagai kendala pada masa pandemi Covid-19.

Hal ini dikupas dalam webinar ‘Peran TNI-Polri dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha untuk Bangkit di Masa Pandemi Covid-19 yang digelar Kadin Kabupaten Kediri bersama sejumlah stake holder pada Rabu (1/9/2021) siang.

“Semoga ikhtiar di dalam tema ini, bisa untuk bangkit di masa pandemi. Mampu memberikan pencerahan dan membuka wawasan,” ungkap Yekti Murih Wiyati, ketua Kadin Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Masih Dibawah Target, Pemkab Kediri Gencarkan Vaksin Lansia

Ikhtiar sinergitas ini, lanjut Yekti, diharapkan mampu memberikan pencerahan dan membuka wawasan untuk menerima informasi yang valid. Serta tertib hukum tanpa ikut serta menyebarkan berita hoax yang dapat membuat gaduh suasana.

Sehingga penguatan sinergitas dua pilar TNI – Polri, menjadikan situasi dan kondisi perekonomian kondusif, sehat, dan kuat. “Saya berharap pada Kapolres dan Dandim mengarahkan kami, selaku pelaku usaha untuk menuju situasi normal kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak ke seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali para pelaku usaha. Menurut Lukman, kepolisian berupaya  mendukung kebangkitan pelaku usaha di Kabupaten Kediri.

Beberapa yang disebutkan peran di lingkup kerjanya, yakni pengawasan mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta menjaga ancaman stabilitas negara  dilakukan secara seimbang.

Baca Juga :  Pelaku UMKM dan Pedagang Keliling di Kediri Segera Dapat Bantuan Stimulus

“Saat ini cukup besar program-program yang diberikan kepada para pelaku usaha, baik bantuan modal, non tunai sembako, dan lain-lain. Masuk dalam anggaran PEN untuk menyediakan dan memperkuat pelaku UMKM,” jelasnya.

Ketua HIPMI Kabupaten Kediri Yoga Satria menyatakan, sepakat dengan keseimbangan masa pandemi Covid-19. Dia juga mengapresiasi TNI – Polri dan Satgas Covid-19 di Kediri yang bertindak humanis kepada pelaku usaha saat bertugas PPKM.

Masa pandemi Covid-19, menurut dia, juga memberi perubahan yang masif bagi pelaku usaha. Lebih berkembang menuju pengunaan cara penjualan digital online dari sebelumnya konvensional. “Mereka UMKM rata-rata sudah cakap berjualan menggunakan media online. Pemasaran yang dulunya konvensional, sekarang pindah digital,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Danu Sukendro

    Kanal Terkait