Tekan Jumlah Persebaran Covid-19 dengan Memaksimalkan Fungsi Posko - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
foto: infocovid19.jatimprov.go.id
Kanal Highlight Kanal Straight

Tekan Jumlah Persebaran Covid-19 dengan Memaksimalkan Fungsi Posko

Satukanal.com, Batu – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV Kota Batu menunjukkan situasi yang cukup landai, walaupun angka penurunan kasus masih belum signifikan.

WhatsApp Image 2021-08-02 at 17.27.09-b57b52ff

Hal tersebut seperti yang disampaikan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko. “Situasi dan kondisi di Kota Batu masih melandai, tapi belum turun (kasus terkonfirmasi) sekali. Penambahan kadang banyak kadang sedikit,” katanya.

Pemerintah berupaya mengoptimalkan penanganan Covid-19 dengan melakukan percepatan vaksinasi dan pemberian bantuan sosial untuk pemulihan ekonomi.

“Untuk tenaga kesehatan, vaksinasi sudah terealisasi 100 persen. Secara keseluruhan penerima vaksin berdasarkan penerimaan vaksin sudah mencapai 72,66 persen,” imbuhnya.

Baca Juga :  SKD PPPK Jombang Fokus di Tiga Titik

Sedangkan untuk penyaluran bantuan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai, Bantuan Sosial Tunai untuk profesi dan masyarakat terdampak telah mencapai 100 persen. Selain itu Pemerintah Kota Batu terus menekan angka penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan Tracing, Testing dan Treatment (3T) serta mengoptimalkan fungsi Posko Satgas disetiap desa/kelurahan.

Sementara itu, Pakar Satgas Covid-19 Nasional, Lilik, mengatakan kolaborasi dan pengambilan keputusan yang terintegrasi penting dilakukan untuk penanganan pandemi.

“Dalam kondisi krisis saat ini, penting untuk tetap menjaga wawasan kebangsaan dan pengambilan keputusan harus terintegrasi untuk mempercepat penanganan Covid-19,” paparnya.

Baca Juga :  Sabet Silver Medal Ajang Internasional Berkat Biskuit Porang untuk Bumil

Kota Apel masuk dalam Zona Merah. Data terakhir per 3 Agustus 2021, dari total 2508 kasus Covid-19,  di antaranya masih ada 376 kasus yang aktif, sementara angka kematian mencapai 196 kasus.

Sedangkan untuk ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi di rumah sakit Kota Batu pada 1 Agustus 2021 sebesar 97,10 persen, dan untuk kapasitas shelter terisi 51,19 persen atau terisi 86 pasien dari 156 kapasitas bed. (*)

Pewarta : Wildan Agta

Editor : Danu Sukendro

    Kanal Terkait