Teh dari Kulit Jeruk Ciptaan Mahasiswa Polinema, Berhasil Diekspor Sampai Luar Negeri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Teh dari Kulit Jeruk Ciptaan Mahasiswa Polinema, Berhasil Diekspor Sampai Luar Negeri
Hasil Olahan Mahasiswa Polinema (Foto: Lutfia/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Teh dari Kulit Jeruk Ciptaan Mahasiswa Polinema, Berhasil Diekspor Sampai Luar Negeri

Satukanal.com, Malang– Mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil ciptakan olahan minuman yang dipasarkan hingga ke mancanegara.

Berawal dari pengajuan proposal pendanaan Program Mahasiswa Wirausaha, produk yang dihasilkan berupa olahan teh kulit jeruk ini telah didistribusikan hingga Prancis dan Italia.

“Ini teh kulit jeruk bentuknya seperti teh celup, ini awalnya coba-coba akhirnya menemukan produk jadi seperti ini,” ungkap Rizky Bagus selaku pemilik dari teh kulit jeru O’peel Tea.

Dengan memberdayakan ibu-ibu di Desa Pandean Kota Malang, dalam satu kali produksinya bisa menghasilkan 1000 box dan menjual sebanyak 100 box per bulannya.

Baca Juga :  Pasar Bululawang Terbakar, Puluhan Lapak Pedagang Hangus
Rizky Bagus dan Teh Kulit Jeruk (Foto: Lutfia/ Satukanal.com)

Rizky Bagus juga menjelaskan bahwa dalam proses produksi, kulit dari jeruk peras diparut terlebih dahulu menggunakan mesin.

Kemudian setelah terparut kulit jeruk dikeringkan menggunakan food degydrator hingga menghasilkan produk jadi.

“Kalau mitra ada yang bagian kemas jadi kita gak perlu ngemas lagi karna sudah dikemaskan oleh mitra Maklon Teh di Surabaya,” lanjutnya.

Program Mahasiswa Wirausaha sendiri memang bertujuan untuk melatih kemampuan wirausaha para mahasiswa.

Baca Juga :  Perayaan Natal Gereja Katedral Kota Malang Tetap Hikmat, Meski Hanya Dihadiri Separuh Jemaat

Berbagai fasilitas mulai dari pelatihan mengurus HKI (Hak Kekayaan Intelektual), sertifikat halal, BPOM, PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan pendanaan sebesar 4-10 juta bagi proposal mahasiswa yang lolos proses seleksi.

Polinema sendiri sebenarnya telah menghasilkan 40 produk usaha yang berhasil didanai oleh kampus. Beberapa produk tersebut antara lain smoothies dari ubi jalar, kopi dari kulit manggis dan biji mahoni, hingga yang berbentuk usaha jasa.

 

 

Pewarta : Lutfia
Editor : Adinda 

Kanal Terkait