SATUKANAL.COM
Pemkab Kediri
Foto : Bupati Kediri Haryanti Sutrisno Saat melakukan penanaman pohon di lereng gunung kelud
BERITA ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Tebang 1 Tanam 4, Pemkab Kediri Ajak Masyarakat di Dataran Tinggi Gencar Menanam Pohon

SATUKANAL, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri menggencarkan gerakan menanam pohon di daerah pegunungan. Hal itu dilakukan lantaran kondisi daerah dataran tinggi dinilai kekurangan populasi pohon untuk menyimpan air.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno saat ditemui di acara penanaman pohon di lereng Gunung Kelud mengatakan, penanaman pohon saat ini menjadi sangat penting dilakukan. Pasalnya, kondisi beberapa desa di lereng Gunung Kelud kekurangan air bersih.

“Sebagai contoh di Rangkah Pawon sampai sekarang hujan sudah lama, tetapi kita masih membantu air di tanah warga yang ada di HGU. Kenapa sekarang ini kok kita harus mengirim air setiap hari, karena sumbernya mengecil akibat pohon-pohon yang menyerap air ditebang diganti dengan lahan nanas,” jelas wanita yang akrab disapa Haryanti tersebut, Jumat (28/2/2020).

Haryanti juga mengatakan, diharapkan mulai saat ini masyarakat yang menebang pohon untuk kepentingan pribadi dapat menggantikannya dengan menanam pohon lain yang dapat menyerap air.

“Kalau sampai ada yang memotong satu pohon untuk bangunan rumah misalnya, nanti dia harus mengganti 4 pohon. Jadi nanti tambah lama tambah banyak pohonnya dan lingkungan kita aman dari kekeringan dan ancaman longsor dan banjir dari atas,” tuturnya.

Bupati juga berharap banyak kepada pemerintah desa untuk membangun area resapan air dan upaya penghijauan. Agar kondisi-kondisi serupa di Sepawon tidak terjadi di pemukiman yang berada di dataran tinggi.

“Berhubung dana desa itu paling tidak ada Rp 1 miliar, sebisanya disisakan untuk itu, nanti kalo misal sudah terjadi longsor banjir kan jadi bingung karena kerugiannya juga besar,” pungkasnya.

Pewarta: M Ubaidillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait