Tawarkan Peningkatan Kesejahteraan Pondok Pesantren, Para Kyai Kampung Siap Dukung Dhito-Dewi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tawarkan Peningkatan Kesejahteraan Pondok Pesantren, Para Kyai Kampung Siap Dukung Dhito-Dewi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tawarkan Peningkatan Kesejahteraan Pondok Pesantren, Para Kyai Kampung Siap Dukung Dhito-Dewi

Satukanal.com, Kediri – Hanindhito Himawan Pramono menawarkan program peningkatan kesejahteraan Pondok Pesantren (Ponpes) di Wilayah Kabupaten Kediri dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.

Hal itu diungkapkan saat gelar pertemuan dengan tokoh agama dengan tema Silaturahmi dan Sarasehan Tokoh Agama Bersama Mas Dhito. Acara dihadiri oleh banyak Tokoh Ulama diantaranya Gus Muhdhor, Gus Unik, Gus Uyik, Gus Thoif, Gus Fikri, serta puluhan Kyai Kampung di Pondok Pesantren Salafiyah Kapurejo, Pagu, Kabupaten Kediri.

“Ada beberapa program utama, diantaranya pesantrenpreneurship. Bagaimana kita memberikan pelatihan pengajaran kepada para santri yang nantinya keluar dari pondok, di ajari cara untuk berwirausaha,” kata Calon Bupati Kediri yang kerap disapa Mas Dhito, kepada Satukanal.com, Kamis (5/11/2020) malam.

Baca Juga :  Blusukan Ala Calon Bupati Kediri, Sasar Sentra Pengrajin dan Industri

Dalam lanjutan program pertamanya tersebut, ia menyebutkan untuk memaksimalkan pesantrenpreneurship dengan berkolaborasi dengan pihak ketiga, seperti bank dan kementrian terkait.

Kedua, ia memperhatikan insentif atau bisyaroh para guru Madin/TPQ yang berjasa memberi edukasi anak, terkait moralitas melalui keagamaan. Menurutnya ada sekitar 5600 guru Madin/TPQ yang penting untuk dijamin kesejahteraannya.

Selanjutnya yang ketiga ialah, bantuan operasional Ponpes yang kisaran nominalnya sebesar 100 juta, hingga 200 juta per tahun. Namun untuk penerapannya akan dilakukan secara bergilir sesuai peraturan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Karena itu ada peraturan dari Kemendagri, bahwa tidak boleh mendapatkan bantuan secara terus menerus,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ganjar Pranowo Kunjungi Kediri, Beri Saran Untuk Calon Bupati Kabupaten Kediri

Sementara itu, KH M.Iffatul Lathoif (Gus Thoif) mengatakan sambutan puluhan Kyai kampung, siap untuk mendukung dan mendoakan Pasangan Calon (Paslon) Hanindhito Himawan Pramono – Dewi Maria Ulfa di Pilbup Kediri 2020.

Ia juga menjelaskan sebutan untuk para Kyai kampung, disebabkan karena bukan masuk struktural Nahdhatul Ulama (NU). Dan para Kyai Kampung yang hadir mengaku sangat tersentuh untuk beberapa program trobosan lingkup Ponpes tersebut.

“Mas Dhito nanti kita harapkan. Dan itu menjadi harapan bagi semua para kyai. Bahwa program yang sudah sangat baik ini, betul-betul direalisasikan,” terangnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editior : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait