Tata Cara Pengajuan Sanggahan untuk Kamu yang Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2021? Pahami Tata Cara Pengajuan Sanggah
BERITA Kanal Artikel

Tata Cara Pengajuan Sanggahan untuk Kamu yang Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Satukanal.com, Nasional – Bagi para pelamar yang tak lolos seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dapat melakukan sanggahan jika memang merasa tidak beres di hasil ujian. Ketentuan pelamar CPNS 2021 yang dapat mengajukan sanggah adalah yang berkas unggahannya telah sesuai, tapi dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh panitia seleksi.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono, dilansir dari laman Kontan.co.id menjelaskan, dalam masa sanggah, instansi memberikan tanggapan sanggah dan memverifikasi kembali kesesuaian persyarakat umum dan khusus yang ditetapkan instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar.

Tata cara Mengajukan Sanggah CPNS 2021 di lama SSCASN untuk sanggah seleksi administrasi, dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCASN 2021. Berikut tata cara pengajuannya :

  1. Melakukan login di laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
  2. Mengisikan sanggahan dengan menjabarkan kronologis
  3. Mengunggah bukti-bukti pendukung yang diperlukan Instansi akan mengumumkan ulang hasil seleksi paling lama tujuh hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.
  4. Pelamar yang mengajukan sanggah apabila sanggahnya diterima maka bisa lanjut melakukan cetak Kartu Ujian untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Baca Juga :  Kebakaran Tewaskan 41 Narapidana, Kapasitas Lapas Tangerang Overload 250 Persen

Perlu dipahami bahwa, sanggahan diberlakukan jika kesalahan bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar. Jika telah berhasil melakukan sanggahan, tunggu jawaban sanggah dari instansi.

Apabila pelamar tidak melakukan sanggahan selama tiga hari dari tanggal pengumuman kelulusan, maka sanggahan dari sistem ini tidak akan diterima.

Sementara itu, bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka dapat menunggu jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD). Peserta akan diuji dengan 110 butir soal dengan waktu 100 menit, sementara khusus disabilitas netra diberikan waktu 130 menit.

Baca Juga :  Jadi Korban Penipuan Transaksi Online? Lapor ke cekrekening.id

Terdapat tiga tes yang masuk dalam SKD CPNS 2021 :

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 Soal
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) 35 Soal
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 Soal.

 

 

Pewarta : Viska
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait