Target Usai Sebelum Ramadhan, Puskesmas Kediri Jemput Bola Vaksinasi untuk Lansia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Target Usai Sebelum Ramadhan, Puskesmas Kediri Jemput Bola Vaksinasi untuk Lansia
STRAIGHT NEWS

Target Usai Sebelum Ramadhan, Puskesmas Kediri Jemput Bola Vaksinasi untuk Lansia

Satukanal.com, Kediri – Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok Lanjut Usia (Lansia), terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri. Salah satunya dari UPTD Puskesmas Pagu, yang menerapkan cara jemput bola di desa-desa.

Hal itu dilakukan karena ingin memaksimalkan target pencapaian waktu vaksinasi sebelum bulan Ramadhan. Ditahap awal ini sebanyak 806 Lansia, terbagi di sejumlah 13 Desa di Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

“Jadi dalam Minggu kedua, 8 April ini kami ditargetkan oleh Dinkes (Dinas Kesehatan) selesai vaksinasi,” kata Kepala UPTD Puskesmas Pagu, Dewi Kasanah Murtiningsih, Senin 5 April 2021.

Baca Juga :  Coban Putri Masih Sepi, Pengelola Rela Tekor

Dari vaksinasi kelompok Lansia, Dewi juga mengakui ada beberapa kendala yang harus dihadapi saat vaksinasi seperti kerentanan fisik. Sehingga membuat kedatangan para lansia ini memerlukan bantuan keluarga untuk melakukan vaksinasi tepat waktu.

Namun, dengan adanya metode jemput bola disebutkan ada keuntungan berlebih untuk menyelesaikan permasalahan vaksinasi. Seperti antar jemput para Lansia, dan informasi nomor telfon yang wajib diisi untuk pemberitahuan vaksinasi tahap kedua.

“Jadi biasanya kita kesulitan meminta nomor hp. Mereka tidak tau nomor hp nya berapa dan ketika kami melakukan jemput bola di Balaidesa, itu lebih memudahkan,” terangnya.

Baca Juga :  Strategi Jemput Bola Vaksinasi Lansia

Terkait fasilitas terpenting, Dewi menambahkan memerlukan jaringan internet saat melakukan vaksinasi. Selain itu, meja kursi juga sudah dikoordinasikan oleh pemerintah desa setempat.

“Termasuk jarak tempuh juga bisa diminimalisir. Menjemput dirumah, kalau dari pihak lansia tidak ada keluhan yang mengantarkan,” tambahnya.

Selain UPTD Puskesmas Pagu, pihaknya juga melibatkan Klinik Aurasyifa Pagu juga melakukan Vaksinasi Lansia sejumlah 500 orang. Pihaknya berharap kegiatan vaksinasi lansia ini akan segera selesai sebelum bulan Ramadhan.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait