Targerkan Kepesertaan Meningkat, BPJS Buka Layanan Dropbox Untuk Pendaftar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Antri pengurusan BPJS (Iqb)
BERITA

Targerkan Kepesertaan Meningkat, BPJS Buka Layanan Dropbox Untuk Pendaftar

Satuchannel.com, Kota Malang – BPJS kesehatan kini tengah melakukan upaya untuk meningkatkan angka kepesertaan publik dalam mengikuti program JKN-KIS. Selain melalui kanal care center, dalam hal ini BPJS Kesehatan juga membuka layanan melalui mekanisme Dropbox.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Hendry Wahjuni memaparkan pendaftaran melalui Dropbox itu, dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan serta pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja.

“Peserta dapat langsung datang ke kantor dan melengkapi segala data untuk disampaikan ke petugas,” ungkap Wahjuni kepada wartawan kemarin Senin (15/5).

Dirinya melanjutkan, setelah peserta datang dan melengkapi berkas di Kantor-kantor yang telah diinformasikan tersebut, selanjutnya peserta akan memasukkan data administrasi. Maksimal tujuh hari setelah peserta membayar iuran, maka kartu kepesertaan akan dikirim ke alamat peserta.

Tak jauh beda, untuk pendaftaran melalui sistem Dropbox di Kantor Kecamatan, Wahjuni menjelaskan BPJS Kesehatan melibatkan pemerintah setempat. Berkas nantinya akan diambil oleh petugas BPJS yang mendaftar melalui kecamatan. Setidaknya ada sepuluh alur yang dilewati hingga nantinya, kartu dapat aktif dan digunakan peserta.

“Untuk pendaftaran dropbox melalui kelurahan, tahapannya pun tak jauh berbeda dengan melalui kecamatan,” tutur Perempuan Berhijab itu.

Mengenai target, Wahjuni mengatakan sepanjang 2017, BPJS Kesehatan menargetkan 2.163.130 jiwa peserta baru. Dan Sampai April 2017 ini, angka menyentuh 83 persennya dari target atau sebanyak 1.818.132 jiwa yang telah terdaftar.

“Angka 100 persen akan terpenuhi sampai Desember mendatang,” pungkas Wahjuni, optimis.

Perlu diketahui, BPJS Kesehatan saat ini telah bekerjasama dengan 20.766 Fasilitaw Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)yang terdiri dari 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik pratama, 4.504 Dokter praktek perorangan, 1.143 Dokter gigi praktek perorangan, dan 15 RS tipe D Pratama. Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjuta (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah sakit, 2.216 apotek, dan 986 optik yang tersebar di seluruh Indonesia. (Iqb)

Kanal Terkait