Tanggapi Pesan Gubernur Khofifah, Walikota Sutiaji Pilih E Commerce Jadi Penguat UMKM Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tanggapi Pesan Gubernur Khofifah, Walikota Sutiaji Pilih E Commerce Jadi Penguat UMKM Kota Malang
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tanggapi Pesan Gubernur Khofifah, Walikota Sutiaji Pilih E Commerce Jadi Penguat UMKM Kota Malang

Satukanal.com, Malang – Pada Senin (8/3/2021), telah digelar acara serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malang. Pada acara tersebut turut dihadiri Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa.

Pada acara pengukuhan yang diselenggarakan di gedung DPRD Kabupaten Malang, turut menyaksikan secara langsung prosesi pengukuhan Bupati Malang Sanusi oleh Gubernur Khofifah, Walikota Malang Sutiaji dan juga Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah turut menyampaikan beberapa pesan penting kepada para Kepala Daerah Malang Raya. Dirinya menyampaikan bahwa, Stronghness partnership atau membangun kemitraan yang kuat bersama dengan Perguruan Tinggi menjadi salah satu hal penting.

Gubernur Khofifah juga menekankan, pentingnya Malang Raya untuk mengembangkan dan menguatkan platform e-commerce. Hal tersebut didasarkan pada wilayah Malang Raya yang cenderung memiliki potensi besar dari sisi penjualan berbasis elektronik dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

Terkait dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh Gubernur Khofifah juga mendapatkan respon secara langsung oleh Sutiaji Selaku Wali Kota Malang. Sutiaji Menyampaikan, Hal tersebut telah sejalan dengan salah satu misi yang akan dikembangkan di Kota Malang.

Baca Juga :  Pemkab Malang Genjot 20 Ribu Vaksin Per Hari

“Ekonomi kreatif memang menjadi salah satu bidikan kami. Pelaku UMKM kota Malang sendiri jumlahnya bisa menggapai ribuan.” Ujar Sutiaji.

Seiring dengan hal tersebut, dalam kerangka penguatan smart city khususnya smart economy maupun smart social, Pemerintah Kota Malang bersama dengan masyarakat akan terus berproses mengembangkan dashboard dan platform digital yang dapat menjadi wadah guna penguatan ekonomi kreatif dan UMKM kota Malang.

“Melalui strategi pentahelix, bersama komunitas, beberapa UMKM kota Malang juga telah kita hubungkan kepada e commerce yang sudah eksis di pasar nasional.” Ujar Sutiaji.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Di Kota Malang sendiri telah banyak tumbuh para pelaku ekonomi perorangan. Sehingga hal tersebut menyebabkan sedikit perubahan. Berjualan tidak lagi melulu ada pertemuan fisik antara produsen dan konsumen. Atau sebagaimana diutarakan oleh Gubernur Khofifah mengenai pasar e-commerce.

Walikota Sutiaji dalam upayanya melakukan penguatan dari sisi sinergitas dengan komunitas, juga akan menggandeng serta melibatkan peran aktif dasa wisma.

Baca Juga :  Bapenda Malang Optimis Pajak Melebihi Target

“Di lapangan, ibu ibu dasa wisma yang justru sering bergerak dan bersentuhan langsung dengan aspek ekonomi dan social warga, Kita akan coba kembangkan platform yang bisa mewadahi gerak dasawisma tersebut, ” Ungkap Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji juga merespon pesan yang disampaikan oleh Gubernur Khofifah untuk mampu menjadikan Kota Malang sebagai Dapur Halal Dunia. Sutiaji mengataka bahwa, hal tersebut telah dirintis Kota Malang melalui Malang Halal.

Sebagai informasi, Pemkot Malang makin intens memperhatikan generasi milenial. Hal itu ditunjukkan dengan sejumlah rencana kekinian dengan sasaran para remaja dan pemuda. Seperti program peningkatan E-Commerce lewat pelatihan broadcasting melalui media TikTok dan YouTube.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Malang Sutiaji usai mengikuti Musrenbang Pemuda yang dilakukan di Hotel Atria Selasa (16/2/2021). Pelatihan TikTok dan YouTube tersebut dilakukan karena Pemkot Malang lebih menitik beratkan pada pengembangan ekonomi kreatif.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait