Taman Herbal Tengah Kota Kediri, Mulai Berkembang di Masa Pandemi Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Taman Herbal Tengah Kota Kediri, Mulai Berkembang di Masa Pandemi Covid-19
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Taman Herbal Tengah Kota Kediri, Mulai Berkembang di Masa Pandemi Covid-19

SATUKANAL.com, KEDIRI – Warga Kota Kediri dapat memanfaatkan pekarangan rumah menjadi Taman Herbal Obat Keluarga (Toga) di tengah Kota Kediri. Taman ini bahkan pernah mendapat penghargaan tingkat nasional di tahun 2018, dengan nama Taman Herbal Exotree.

Didik Trisyuwono selaku Koordinator Taman Herbal Exotree, mengatakan masa pandemi Covid-19 memaksa peralihan cara konsumsi masyarakat ke tanaman herbal yang dikelola secara swadaya berlokasi di lingkungan RW 1 Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri.

Dimulai pada tahun 2018, pihaknya mendapatkan penghargaan juara kedua taman Jahe Herbal. Dalam penyelenggaraan ‘Bejo Jahe Merah’ tingkat Nasional. Penilaian dilakukan dari estetika taman, kelengkapan kualitas varian, dan keberagaman jenis tanaman.

Saat ini, telah berkembang ratusan jenis tanaman herbal di Taman Herbal Exotree. “Yang kita data kemarin sudah sekitar 150-an jenis. Kalau secara keseluruhan ratusan, lebih dari itu,” ungkap Didik, ke Satukanal.com, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga :  Piala Pra-musim, Persik Kediri Belum Tentukan Pelatih Kepala

Hasil pendataan jenis tanaman tersebut, dikatakan mengandung zat aktif bermanfaat untuk pengobatan. Tentunya penggunaannya juga menyesuaikan kebutuhan dan keperluan keluhan masing-masing pada setiap penyakit.

Salah satu jenis tanaman herbal, yakni Bunga Telang diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Tanaman herbal lain seperti tanaman Jarak, Kumis kucing, Jahe, dan lain sebagainya.

Rencana kedepan, pihaknya dan pengurus Taman Herbal Exotree akan melakukan peremajaan dan menata ulang estetika untuk menarik minat warga masyarakat. Terlebih diperlukan dukungan dari warga, tokoh, maupun pihak Kelurahan supaya lebih berkembang.

Baca Juga :  Terpantau Satu Pelaku, Kasus Pembunuhan di Hotel Lotus Kediri

“Dengan adanya perhatian dan dukungan, rencananya bikin depot makanan khusus untuk makanan herbal. Seperti nasi dari Bunga Telang dan Bunga Kelor. Juga ada minuman sirup dari Bunga Telang,” ucapnya.

Sementara itu Achmad Koharudin, selaku Kepala Kelurahan Mojoroto Kota Kediri mengungkapkan dukungannya untuk program Taman Herbal Exotree. Lebih lanjut akan mengusahakan dukungan secara moril dan materiil.

“Pastinya kami sangat mendukung program ini, pastinya secara moril dahulu. Kami upayakan untuk penganggaran, karena kami ada Prodamas,” jelasnya.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait