Taktik Brand Lokal Malang di Tengah Persaingan dan Pasar Digital | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
WhatsApp Image 2019-12-25 at 8.52.13 PM
Salah satu tampilan logo brand lokal Malang (Foto: Pramudito)
HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Taktik Brand Lokal Malang di Tengah Persaingan dan Pasar Digital

SATUKANAL, MALANG – Dunia kreatif, termasuk fashion di Indonesia saat ini tengah mengalami pertumbuhan. Namun tidak dipungkiri, brand-brand impor masih cukup menguasai pasar. Terlebih di era digital ketika penjualan tak lagi terbatas melalui store-store konvensional.

Meski demikian, ada upaya dari brand-brand lokal untuk mendobrak pasar. Misalnya seperti yang dilakukan Pramudito dengan mengusung produk-produk konveksi dengan brand Anak Muda Cinta Indonesia (AMCI).

Meski masih tergolong baru, dia terus menggencarkan promosi brandnya dalam beberapa bulan terakhir. Pramudito mengaku memiliki semangat agar brand lokal Malang ini siap mengambil tempat di tengah persaingan pasar fashion nasional.

“Sejauh ini anak Malang men-support adanya brand ini dan beberapa pengusaha Malang Raya juga terbuka degan ini. Ini masih belum (merambah pasar internasional), kita fokuskan pertamanya pada lingkup Malang khususnya, juga nasional,” ujar pemuda asal Pakisaji, Kabupaten Malang ini.

Baca Juga :  Mahasiswa Program Doktor Fapet UB Gunakan Pasta Buah Merah, Ciptakan Rasa juiceness Pada Petty Burger

Pramudito menuturkan, selama ini yang dilakukan yakni promosi lewat sosial media. “Juga dengan buka bazar pada event-event yang ada di Malang, misalnya kayak Kick Fest, dan lainnya itu. Saya selalu mempromosikan AMCI melalu IG (Instagram) dan teman-teman media,” lanjutnya.

Untuk memperkuat promosi offline, dalam waktu dekat Pramudito menyebut akan me-launching kafe di daerah Dieng. Kawasan itu dipilih karena merupakan usat berkumpulnya anak-anak muda. “Di sana pun cukup banyak kegiatan produksi maupun kerja-kerja kreatif lainya di Malang,” tuturnya.

Pembuatan kafe itu, juga untuk memberi alternatif tempat para pelaku usaha kreatif berkumpul dan memperkuat jaringan. “AMCI ini akan segera membuat komunitas Anak Muda Cinta Indonesia, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat nongkrong, tukar pikiran, sharing karya, atau apapun yang sedang digelutinya,” sebutnya.

Baca Juga :  Jokowi Apresiasi UB Capai 132 Paten Terbanyak Se-Indonesia Saat Pandemi

Untuk terus mengembangkan produknya, AMCI mencoba bergerak terus keluar daerah Malang. Misalnya, dengan membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia. Karena menurutnya, potensi bisnisnya ini sangat terbuka lebar untuk dikembangkan di daerah lain.

Pramudito juga mengatakan koleksi produk AMCI sudah banyak dipakai beberapa pejabat di daerah Malang Raya. “Dukungan seperti gerakan membeli produk lokal ini yang perlu, ini juga yang membuat saya ingin terus mengembangkan brand ini sekaligus mengajak teman-teman lain berani bergerak keluar,” tegasnya.

Dalam pemilihan nama brandnya, ia menegaskan nama AMCI ini sengaja dipilih sebagai bentuk kecintaan terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). “Inspirasinya muncul lantaran kecintaannya terhadap bangsa Indonesia sehingga lahir nama brand AMCI ini,” pungkasnya.

Pewarta: Ali Bisri
Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait