SATUKANAL.COM
Tak Terdampak Pandemi, Gubernur Jatim Apresiasi Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul
Gubernur Jatim Khofifah, melihat beberapa hasil tenun ikat
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tak Terdampak Pandemi, Gubernur Jatim Apresiasi Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul

SATUKANAL.com, KEDIRI – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi sentra tenun ikat yang ada di Kelurahan Bandar, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Gubernur memuji eksistensi tenun ikat di tengah pandemi karena tidak terdampak Covid-19 secara langsung

Di sela kunjungan gubernur ke sentra tenun ikat tersebut, ia juga menyanjung generasi muda yang mau melakukan pekerjaan sebagai penenun untuk mewarisi kerajinan yang telah ada sejak lama tersebut.

“Jadi ketelatenan yang harus dibangun oleh para petenun dan anak-anak muda disini. Regenerasinya berjalan dengan sangat baik. Ini bisa menjadi referensi bagi kaum milenial lain,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hari Ini, Bioskop Di Kota Malang Diizinkan Beroperasi Kembali

Ia juga mengatakan dalam masa pandemi Covid-19, tenun ikat yang ada di Bandar Kidul Kota Kediri ini tidak terdampak. Bahkan kreatif dalam penjualan sebagai masker dan para Asisten Negeri Sipil (ASN).

“Saya rasa tenun ikat di Kota Kediri ini akan menjadi ikon baru untuk baju seragam. Nantinya tidak hanya ASN, namun dapat juga lembaga perbankan, dan Sekolah-sekolah. Sehingga tradisi bertenun ini tumbuh dan berkembang, dapat menemukan desain motif baru yang menarik,” ucap Khofifah.

Baca Juga :  Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri

Menurutnya hasil produk tenun dari motif Desa Bandar ini lebih banyak dikenal ke daerah lain, ternyata dikediri tradisi ini sudah turun temurun.

“Saya rasa seiring dengan gerakan pemulihan ekonomi (PEN) melalui UMKM. Ide Produk tenun sebagai produk protokol kesehatan ini bagus,” Katanya.

“Kerajinan tenun ikat ini sudah menjadi tradisi yang diwariskan secara budaya kepada seluruh warga yang ada disini. Dan didapatkan regenerasi yang berjalan dengan baik. Saya harap ini terus dikawal,” Tutupnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait