Tak Sangka Juara, Guru SD Kabupaten Jombang Raih Dua Medali Emas Kompetisi Gurulympics - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Sangka Juara, Guru SD Kabupaten Jombang Raih Dua Medali Emas Kompetisi Gurulympics
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tak Sangka Juara, Guru SD Kabupaten Jombang Raih Dua Medali Emas Kompetisi Gurulympics

SATUKANAL.com, JOMBANGKabupaten Jombang yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur, akrab dengan sebutan Kota Santri. Sebutan tersebut diambil bukan tanpa alasan, banyak sekolah pendidikan Islam atau Pondok Pesantren berdiri di wilayah Jombang.

Kabupaten Jombang yang memiliki segudang prestasi di tingkat pendidikannya, telah dihasilkan dari beberapa siswa maupun guru. Guru Sekolah Dasar (SDN) Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang bernama Wiwin Fifa Tanti tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya Wiwin berhasil meraih prestasinya di tinggkat nasional.

Salah satu Guru Sekolah Dasar (SDN) Kedawong ini berhasil memperoleh medali dalam gelaran Gurulympics Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 2020. Sebelum Event Gurulympics 2020 dilangsungkan. Ada beberapa program, salah satunya adalah program yang diluncurkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama dengan Microsoft. Program ini adalah lanjutan dari program Training of Trainers (TOT) yang bertujuan untuk mendorong semangat belajar dan inovasi para guru di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Pengurus Besar PGRI, melalui PGRI SLCC di bawah komando Prof. Richardus Eko Indrajit me-launching sebuah event dalam rangka HUT PGRI ke 75 tahun 2020 yang berlangsung pada bulan November 2020 dan digelar secara daring bernama Gurulympics 2020. Event perlombaan ini mempertandingkan beberapa tema cabang lomba yakni, Technology Literacy, Digital Quotient, Cyber Pedagogy, Smart Schools, 21st Century Teachers, Internet, Society, Social Media, Knowledge Creation, Learning Innovation, Open Education, Instructional Design, Disruptive Apps.

Dalam event tersebut, Wiwin Fifa Tanti meraih dua medali emas, satu medali perunggu, dan satu medali perak tingkat nasional. Dua medali emas miliknya diraih dari kategori lomba olah ilmu Flipped Classroom and Blended Learning. Satu medali peraknya diraih pada kategori lomba olah ilmu Big data and virtual reality, Augmented reality. Sedangkan untuk raihan medali perunggu ada pada kategori lomba olah ilmu Netiquette and Society 5.0.

“Kemarin satu tim dari Jawa timur ada 40 orang dan berhasil membawa tujuh medali emas, ada perak ada perunggu juga. Untuk saya dapat dua medali emas, satu perunggu dan satu perak di tingkat nasional, dari Jombang saya sendiri.” Ujar Wiwin Fifa Tanti, dikutip pada wawancaranya bersama dengan KabarJombang.com.

Acara tingkat nasional yang dilaksanakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun PGRI dan hari guru nasional 2020 ini, Wiwin Fifa atas keberhasilannya memperoleh beberapa juara mengaku sangat bahagia dan tidak menyangka atas raihannya.

Ia juga mengatakan bahwa, dalam persiapan kategori lomba yang ia ikuti, pemahaman serta pembelajaran beberapa materi perlombaan merupakan hal yang penting dalam raihan prestasinya. “kami dikasih materi, ya mempelajari materinya saja apa yang akan dilombakan sesuai cabang lomba yang kami pilih” ujarnya.

Kompetisi perlombaan Gurulympics 2020 ini, diselenggarakan sebagai ajang unjuk prestasi dan mewadahi berbagai inovasi-inovasi yang diciptakan para guru dan tenaga kependidikan di masa pandemi Covid-19.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait