Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Menghemat Kuota Zoom Belajar Online - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Menghemat Kuota Zoom Belajar Online
Pembelajaran daring dengan menggunakan Zoom Meetings (Foto: uma.ac.id)
BERITA Kanal Artikel

Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Menghemat Kuota Zoom Belajar Online

Satukanal.com,NasionalTak perlu khawatir, ada cara menghemat kuota Zoom belajar online yang bisa dimanfaatkan. Dengan begitu penggunaan kuota pun dapat diminimalisir dan biaya yang dikeluarkan pun semakin hemat.

bagaimanapun juga, penggunaan aplikasi Zoom Meetings membuat kuota internet harus tersedia, terlebih bagi mereka tak punya wifi di rumahnya. Tentu saja, biaya yang dikeluarkan terbilang cukup banyak.

Apalagi layanan video conference ini biasanya juga dimanfaatkan untuk kebutuhan tatap muka, seperti untuk rapat antar rekan kerja, hingga pembelajaran siswa. Sayangnya, semakin lama durasi menggunakan Zoom, kuota data yang dimakan juga semakin besar.

Untuk menekan penggunaan kuota data, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan Zoom. Berikut adalah sejumlah cara untuk menghemat kuota saat menggunakan Zoom sebagaimana dirangkum dari Cornell.edu :

1. Matikan Kamera Apabila Tak Dibutuhkan

Cara ini bisa dilakukan  untuk menghemat kuota internet yang digunakan. Apalagi saat belajar online, apabila pengajar tak mewajibkan untuk menyalakan kamera, mematikan kamera bisa dijadikan solusi penghematan.

Begitu halnya saat bergabung di dalam ruang rapat yang sekiranya tidak terlalu resmi atau bersifat formal. Untuk mematikan kamera, cukup memilih opsi “Turn Off Camera” ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat. Jika menjadi host, dapat pula menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai.

Baca Juga :  Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3

2. Gunakan Fitur Share Screen hanya Saat Dibutuhkan

Pastikan, untuk tidak membagikan fitur share screen secara terus menerus. Gunakan fitur tersebut hanya ketika dibutuhkan saja. Saat tidak perlu llagi menampilkan presentasi misalnya, bisa meminta partisipan lain untuk mematikan opsi berbagi layar ketika presentasi sudah selesai.

Dengan begitu, kuota pun dapat dihemat penggunaannya. Fitur ini juga digunakan dan dibagikan secara terus menerus saat Zoom Meetings berlangsung maka menghabiskan banyak kuota internet, terlebih untuk seseorang yang tidak menggunakan Wifi.

3. Matikan Kualitas Video HD

Perlu diketahui bahwa mengaktifkan tampilan video dalam resolusi HD (High Definition) bisa menguras lebih banyak penggunaan kuota internet. Untuk itu, agar lebih menghemat mematikan kualitas HD atau memperendah kualitas videonya bisa dijadikan solusi.

Untuk melakukannya, beriut cara yang dapat dilakukan yakniPertama, llik menu “Settings” atau Pengaturan. Lalu pilih opsi “Video” yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan. Kemudian, pada bagian “My Video”, nonaktifkan centang pada kolom opsi “Enable HD”.

4. Manfaatkan Dokumen Online

Pengguna juga bisa memanfaatkan platform dokumen online apabila ingin membagikan sesuatu, misalnya presentasi. Ada sejumlah layanan yang bisa digunakan seperti yang paling populer saat ini adalah Google Sheet, Docs, atau layanan lainnya.

Baca Juga :  PTM di Kota Santri Siap Digelar Pertengahan September

Dengan demikian, peserta rapat bisa saling berbagi dokumen tanpa menggunakan fitur share screen yang memakan banyak kuota. Begitu pula saat melakukan pembelajaran daring. Cara menghemat Kuota Zoom Belajar Online ini juga sangat membantu, khususnya para pelajar yaang tidak memakai wifi di rumahnya.

5. Hindari Penggunaan Data Lain Ketika Zoom

Selanjutnya yakni jangan sampai menggunakan data internet untuk kebutuhan berselancar lainnya. Misalnya, sembari Zoom juga digunakan untuk bermain media sosial. Tentu saja, hal ini akan menambah beban penggunaan kuota internet.

Pengguna juga sebaiknya tidak menjalani aplikasi lain, seperti streaming video YouTube atau musik, game online, atau meng-upload dan download file besar selama rapat atau proses pembelajarana berlangsung. Jika ingin menghemat kuota internet yang dimiliki, jangan lakukan hal-hal tersebut.

Nah, itulah cara menghemat Kuota Zoom saat belajar online ataupun rapat yang sedang diikuti. Mengingat, tidak semua orang di Idonesia memiliki fasilitas Wifi di rumahnya. Begitu pula dnegan para siswa yang terkadang harus menggunakan kuota internet untuk mengikuti proses belajar mengajar.

 

Penulis : Adinda

Kanal Terkait