Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021

SATUKANAL.com, SURABAYA– Daya tampung Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi salah satu hal yang paling dicari sepanjang SMPTN, termasuk tahun ini. Perguruan tinggi yang terletak di Surabaya menyediakan 1324 kuota bagi calon mahsiswanya.

Ada 7 fakultas dan 39 departemen yang sudah terakreditasi secara internasional dan nasional yang siap dipilih bagi calon mahasiswa yang hendak masuk kampus ini. Dilansir dari laman its.ac.id, di tahun akademik 2021/2022 pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan program vokasi ITS dilakukan melalui tiga cara, antara lain: Seleksi basional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandir atau Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM).

Disebutkan bahwa daya tampung mahasiswa baru program sarjana dan program vokasi ITS untuk setiap program studi yang diterima melalui SNMPTN sebesar 20 persen dari total daya tampung setiap program studi. Dari total tersebut, ada dua rumpun yakni saintek dan soshum. Untuk rumpun saintek ada sebanyak 39 program studi. Sedangkan, pada rumpun soshum ada 2 program studi.

Dua program studi soshum di ITS yang terlebih masih baru adalah manajmen bisnis dan studi pembangunan. Sementara lainnya merupakan program studi yang berada di rumpun saintek. Untuk rumpun saintek, program studi terbanyak dimiliki oleh teknik informatika sebanyak 60 orang.

Baca Juga :  Hidangan Orem-Orem, Perwujudan Ucapan Syukur Warga Malang

Selanjutnya, kuota terbanyak kedua yaitu berasal dari program studi teknik elektro, 56. Dan ada teknik mesin mengikuti sebanyak 52. Ketiga prodi dengan kuota terbanyak itu merupakan jenjang S1 di ITS. Sedangkan pada jenjang D4, ada 7 program studi yang tersedia.

Untuk kuota total jenjang D4 di ITS yakni sebanyak 176 yang meliputi teknik sipil, teknologi rekayasa konstrukksi bangunan air, teknologi rekayasa manufaktur, teknologi rekayasa konversi energi, teknologi rekayasa otomasi, teknologi rekyasa kimia industri, teknologi rekayasa instumentasi dan statistika bisnis.

Sementara itu, jumlah peminat SNMPTN di tahun sebelumnya terbilang cukp ketat. Program studi dengan peminat paling tinggi ditempati oleh prodi teknik informatika. Prodi ini memiliki 1637 pendaftar di SNMPTN 2020. Angka ini terbilang ketat, meski prodi teknik informatika menyediakan kuota terbanyak dibandingkan dengan prodi lain.

Prodi lain yang juga punya peminat cukup tinggi adalah teknik elektro. Kemudian diikuti oleh prodi teknik mesin yang juga punya peminat SNMPTN 2020, tahun lalu. Kemudian, untuk program studi jenjang D4 baru mengikuti program SNMPTN pada tahun ini. Sehingga, untuk tahun 2020 masih belum ada data peminat yang dapat diketahui.

Menariknya, pada SNMPTN 2021 ini, ITS juga menyediakan satu prodi yang mempunyai gelar ganda atau double degree yaitu Teknik sistem perkapalan (Gelar Ganda ITS-Jerman). Dari program ini, dapat diperoleh dua gelar sekaligus yang berasal dari ITS dan salah satu iniversitas yang berada di Jerman.

Baca Juga :  6 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Kebijakan Cuti Bersama di Tahun 2021

Berikut, daya tampung setiap program studi di ITS pada SNMPTN 2021 ini:

TEKNIK SIPIL: 18
TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI BANGUNAN AIR: 18
TEKNOLOGI REKAYASA MANUFAKTUR: 20
TEKNOLOGI REKAYASA KONVERSI ENERGI: 20
TEKNOLOGI REKAYASA OTOMASI: 28
TEKNOLOGI REKAYASA KIMIA INDUSTRI: 20
TEKNOLOGI REKAYASA INSTRUMENTASI: 26
STATISTIKA BISNIS: 26
FISIKA: 40
MATEMATIKA: 40
STATISTIKA: 40
KIMIA: 40
BIOLOGI: 24
TEKNIK MESIN: 52
TEKNIK ELEKTRO: 56
TEKNIK KIMIA: 40
TEKNIK FISIKA: 40
TEKNIK INDUSTRI: 40
TEKNIK MATERIAL: 40
TEKNIK SIPIL: 40
ARSITEKTUR: 30
TEKNIK LINGKUNGAN: 32
TEKNIK GEOMATIKA: 30
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA: 38
TEKNIK PERKAPALAN: 24
TEKNIK KELAUTAN: 24
TEKNIK SISTEM PERKAPALAN: 28
TEKNIK INFORMATIKA: 60
SISTEM INFORMASI: 44
DESAIN PRODUK INDUSTRI: 24
TEKNIK TRANSPORTASI LAUT: 10
TEK. SIST PERKAPALAN (GLR GANDA ITS-JERMAN): 12
TEKNIK KOMPUTER: 16
TEKNIK GEOFISIKA: 20
DESAIN INTERIOR: 16
TEKNIK BIOMEDIK: 16
SAINS AKTUARIA: 24
TEKNOLOGI INFORMASI: 16
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL: 16
MANAJEMEN BISNIS: 26
STUDI PEMBANGUNAN: 20

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait