SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Tak Penuhi Syarat, KPU Lakukan Klarifikasi Calon PPK

SATUKANAL, KEDIRI – Beberapa nama calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Kediri yang direkomendasikan Bawaslu tidak memenuhi syarat (TMS) tetap mengikuti seleksi wawancara, Senin (10/2/2020). Kepada nama-nama tersebut, akan dilakukan klarifikasi tahap I.

Klarifikasi kepada calon PPK tersebut merupakan tindak lanjut temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri tentang netralitas calon PPK. Sebab, di antara nama-nama calon PPK, Bawaslu menemukan sejumlah orang yang tercatat sebagai anggota atau pengurus partai politik.

“Sebagai dasar kami untuk klarifikasi terhadap peserta. Tidak hanya dari Bawaslu, tapi juga ada tanggapan masyarakat yang dikirim ke kami,” ujar Ninik Sunarmi saat ditemui Satukanal.com, Senin (10/2/2020).

Baca Juga :  Lembaga Survei ASTI Penuhi Panggilan Bawaslu Kabupaten Kediri

KPU, kata Ninik, tidak bisa menerima satu arah, melainkan harus tetap melakukan upaya klarifikasi. Menyoal kemungkinan nama-nama tersebut masuk 10 besar, Ninik mengatakan akan mengacu pada hasil klarifikasi.

“Kita lihat datanya, apakah berlanjut diterima atau tidak. Kalau memang tidak terbukti, dan hasil wawancara bagus dan skillnya baik, tidak ada alasan untuk menggugurkan,” imbuh perempuan berjilbab ini.

Penentuan hasil wawancara akan dilakukan melalui mekanisme rapat pleno. Wawancara yang dilakukan seputar tugas adhoc, kewilayahan, pengetahuan kepemiluan, serta tes komputer.

Baca Juga :  Daftar Lewat Golkar, Ketua Kadin Kabupaten Kediri: AG2 dari PDIP

Peserta seleksi yang memiliki kemampuan IT akan menjadi nilai lebih. Sebab, di setiap kecamatan diharapkan paling tidak ada satu orang yang memahami IT untuk keperluan pengolahan data.

Nantinya, akan diambil lima orang PPK untuk setiap kecamatan. Sementara, mereka yang berada di urutan ke-6 dan seterusnya bisa Pergantian Antar Waktu (PAW). Mereka juga dapat mengikuti seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait