Tak Penuhi Ambang Batas Minimal, Pemkot Tambah Nama Calon Sekda - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tak Penuhi Ambang Batas Minimal, Pemkot Tambah Nama Calon Sekda

Satuchannel.com, Kota Malang – Pembukaan lelang jabatan strategis untuk calon Sekretaris Daerah (Sekda) yang ditutup pada 6 Juli lalu ternyata tidak memenuhi syarat ambang batas dari aturan tim Panitia Seleksi. Maka itu, Pemerintah Kota Malang memunculkan sebanyak 5 orang sebagai kandidat yang akan bertarung memperebutkan posisi Sekda. Hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Malang, H Moch Anton kepada awak media di Balai Kota Malang, Senin (10/7).

Diketahui sebelumnya, bila adanya penambahan kandidat itu diakibatkan oleh ambang batas minimal yang belum terpenuhi di tahap awal pendaftaran. Sesuai aturan yang ada di ASN, disebutkan bila harusnya terdapat minimal 4 kandidat dalam untuk posisi Sekda, sedangkan pada pembukaan pendaftaran tahap pertama hingga pendafataran ditutup hanya 2 orang saja yang mendaftar.

” Dari awal, kita sesuaikan aturan yang ada, tahapan awal kita hanya dapat 2 orang, padahal disitu ditentukan minim 4 calon. Di aturan itu disebut bila tak sampai 4 calon, maka dibuka lagi dengan penambahn aturan umur,”

Baca Juga :  Merujuk Permendikbud, Juknis BOS 2021 Kembali Luncurkan Pembaharuan

Pembukaan tahap kedua itu diikuti oleh perubahan aturan dalam kriteria, yang spesifik yaitu di kriteria umur. Pada tahap awal disebutkan bila syarat calon Sekda minimal berumur 56 tahun, namun dalam penjaringang tahap kedua tersebut ambang minimal kemudian  menjadi 58 tahun.  Terkait perubahan aturan tersebut, orang nomer satu di Kota Malang tersebut menjelaskan bila memang sudah demikian aturannya.

” Itu sudah aturan yang saya terima. Aturan yang dari sana saya terima. Kita mengikuti aturan saja,”

Ia juga menceritakan dalam prosesnya, ketika penutupan dilakukan BAP dari seluruh yang mengambil kebijakan pansel, ada tim 7 pansel itu membuat berita acara yang intinya ditujukan pada KSN bahwa segera akan dilakukan tahapan kedua, dengan sesuai umur aturan. Ia juga mengatakan, bahwa proses ini akan dilakulan segera karena assessment dari Pemprov akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan.

Baca Juga :  Pemkot Malang Optimis Tembus Target Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Dan assessment yang akan dilakukan oleh Pemprov itu hanya ada waktu tanggal 12 dan tanggal 13 juli. Jadi singkat.  Kami berharap ada SKPD yang masuk kriteria itu, paling tidak akan dilakukan assessment. Dan yang 2 awal tetap masuk cuman ditambah, kami usulkan tujuh nama,” ungkpanya.

Sementara itu, ditanya mengenai kemungkinan adanya kandidat dari luar lingkungan Pemkot Malang, Anton menyebut bahwa hal itu tidak memungkinkan karena waktunya yang terbatas.

” itu tidak memungkinkanlah ya, karena keterbatasannya waktu, singkat sekali waktunya,” pungkasnya.  (Iqb)

Kanal Terkait