SATUKANAL.COM
BERITA

Tak Mau Ketinggalan, Pelajar di Sumenep Ikut Demo DPRD Tolak RKHUP dan UU KPK

Sekumpulan besar pelajar sekolah berseragam olahraga terlihat di sekitar titik unjuk rasa di gedung DPRD Sumenep, Jalan Trunojoyo, Kamis (26/9/19)

Mereka terlihat melakukan sejumlah aksi layaknya mahasiswa yang menyampaikan berbagai tuntutan. Misalnya dengan menyanyikan yel-yel, memblokade jalan. Bahkan, sempat ricuh dengan aparat kepolisian yang mengamankan berjalannya aksi.

Mereka juga membawa sejumlah atribut aksi berupa ikat kepala dan poster tuntutan terhadap DPR dan pemerintah.

Koordinator aksi siswa SMA Inung mengaku terketuk hatinya untuk turun jalan karena merasakan nasib rakyat yang selama ini menjadi korban kebijakan pemerintah.

“Kami juga tidak bisa diam. Kami tegaskan bahwa menolak RKUHP dan UU KPK karena itu hanya akan menguatkan pemerintah untuk menindas rakyat,” kata Inung di hadapan media.

Ia menilai, selama ini DPR tidak berpihak pada rakyat. Padahal mereka dipilih oleh rakyat untuk menyampaikan aspirasi rakyat pula. Namun, faktanya mereka hanya menjadi tangan pemerintah untuk menindas rakyat. “DPR tidur saat rakyat butuh pengayoman dari pemerintah dan DPR,” ucapnya.

Untuk diketahui, sejumlah pelajar tersebut merupkan siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Sumemep. Atas aksinya, banyak pihak yang menyampaikan rasa bangga karena mereka dinilai memiliki kepedulian terhadap nasib bangsa meski masih duduk di bangku SMA.

Namun, ada juga yang memandang miring tentang aksi mereka. Sebab, para siswa dinilai hanya mengikuti arus tanpa tahu substansi kebijakan yang didemo.

Kanal Terkait