Tak Khawatir Lagi Terpapar Kuman, Kini Petugas Medis Bisa Pakai Jilbab Steril Ini | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tak Khawatir Lagi Terpapar Kuman, Kini Petugas Medis Bisa Pakai Jilbab Steril Ini

Dunia medis selalu dikenal dengan higienitas dan sterilitas. Pasti kalian pernah mengalami saat sedang memasuki kawasan layanan kesehatan harus cuci tangan dahulu atau diharuskan memakai pakaian khusus.

Karena, tanpa disadari, apa yang kita pakai sehari-hari bisa terpapar kuman penyebab infeksi. Apalagi jika kita sebelumnya berinteraksi dengan beragam kegiatan di dunia luar. Hal itu bukan tidak mungkin menyebarkan berbagai kuman penyebab penyakit.

Nah, petugas medis pun tak luput dari paparan tersebut lho. Karena interaksi sehari-hari dengan pasien yang memiliki beragam penyakit bisa menjadikan sterilisasi ditubuhnya juga harus diperhatikan. Apalagi, jika harus memasuki area tempat khusus seperti ruangan operasi.

Setiap dokter, perawat dan petugas lainnya harus mengenakan pakaian yang dirancang khusus dari ujung kepala hingga kaki untuk aktivitas tersebut. Namun, hal itu menjadi kekhawatiran bagi seorang dokter perempuan yang berjilbab.

Kain jilbab yang dikenakan sehari-hari harus dilepas saat akan melakukan operasi kepada pasien, lantaran dikhawatirkan terpapar kuman yang malah akan menyebabkan penyakit.

Bermula dari situlah, kini penggunaan jilbab di ruang operasi sudah tak perlu diresahkan. Karena, salah seorang dokter di Inggris, Farah Roslan mengenalkan penemuan baru. Yakni, jilbab steril sekali pakai yang bisa digunakan oleh para staff rumah sakit atau petugas medis di layanan kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, dokter junior bedah di Rumah Sakit Royal Derby Inggris itu mendapatkan ide membuat inovasi jilbab steril ketika masih menjalani training. Ia awalnya merasa bimbang karena tidak nyaman jika harus melepas hijabnya ketika menjalani prosedur pembedahan.

Namun, dia juga harus menjaga prosedur keselamatan kerja agar tidak membahayakan nyawa pasiennya. Bahkan ia beberapa kali sempat diminta keluar dari ruang bedah karena takut menginfeksi pasien karena hijab yang dipakainya.

Dengan penemuannya ini menurutnya menjadi jalan tengah sebagai seorang muslim yang diwajibkan memakai jilbab dan solusi mengatasi infeksi akibat pemakaian jilbab umum sepanjang hari.

Kini ia mengaku senang impiannya itu bisa terwujud, dan jilbab steril sekali pakai itu sudah bisa dipakai oleh seluruh staf di rumah sakit tersebut. Ia berharap inovasinya bisa segera diproduksi dan digunakan di seluruh Inggris.

Tertarikkah anda dengan jilbab steril sekali pakai ini?

Kanal Terkait