Tak Juga Tertangkap, #KejarTerusHarunMasiku Jadi Trending | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Juga Tertangkap, #KejarTerusHarunMasiku Jadi Trending
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tak Juga Tertangkap, #KejarTerusHarunMasiku Jadi Trending

SATUKANAL.com, NASIONAL#KejarTerusHarunMasiku hari ini menjadi trending dalam media sosial. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masih melakukan pencarian terhadap Harun Masiku. Harun ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 10 Januari 2020, oleh KPK lantaran melakukan suap senilai Rp. 850 juta kepada mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Modus suap dilakukan agar ia bisa ditetapkan sebagai pengganti Nazarudin Kiemas yang sudah meninggal dunia, untuk dapat duduk di kursi fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tahun 2019-2024, melalui Penggantian Antar Waktu (PAW).

Harun sebelumnya merupakan Mantan Tim Sukses Susilo Bambang Yudoyono – Budiono pada Pemilihan Presiden tahun 2009 dan Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 2019.

KPK mengatakan bahwa, pihaknya belum mendapat informasi yang signifikan mengenai Pencarian Harun Masiku yang ditetapkan sebagai ODP pada 27 Januari 2020 hingga saat ini. Dalam penelusuran yang dilakukan pihak KPK, Harun Masiku melakukan penerbangan ke luar negeri, tepatnya Singapura, dua hari sebelum KPK melakukan OTT yakni pada tanggal 8 Januari 2020. Kepergian Harun ke Singapura pada 7 Januari 2020, terekam kamera CCTV Bandara Soekarno Hatta.

Namun sampai dengan saat ini KPK belum mendapatkan informasi seputar keberadaan tersangka Harun Masiku. “Oleh karena itu, terus dilakukan pencarian dan pemberkasannya juga terus berjalan. Penyidikannya juga terus berjalan, bukan berarti kemudian tersangka belum ditemukan kemudian berkasnya berhenti, tidak,” kata Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sabtu, 18 Juli 2020.

KPK juga meminta bantuan dari masyarakat sekitar untuk ikut andil menangkap buronan kasus dugaan korupsi penetapan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024, Harun Masiku.

“Saya minta dari Humas untuk memberikan peluang kepada masyarakat kalau yang tahu silakan kasih informasi. Kalau perlu tangkap bareng-bareng”, ujar Karyono saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Kasus Harun Masiku kali ini pun menjadi sorotan publik, ketika yang bersangkutan berhasil melarikan diri hingga kurun waktu sembilan bulan sejak ditetapkan sebagai ODP. Dan selama Sembilan bulan ini pun KPK masih belum menyampaikan perkembangan informasi terhadap pencarian Harun Masiku. Pencarian dilakukan dengan menelusuri kediaman milik Harun dan tempat-tempat yang sebelumnya pernah dikunjunginnya. Namun sampai saat ini hasilnya tetap nihil.

KPK melakukan beberapa evaluasi, seperti evaluasi terhadap komunikasi publik dalam perkembangan informasi pencarian Harun dan melakukan upaya pencarian dengan menambah personel Satuan Petugas (Satgas) serta mendayagunakan system teknologi Informasi (IT).

 

Pewarta ; Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait