Tak Ada Komputer dan Internet untuk ANBK, 57 SD di Kota Blitar Numpang di Lab Komputer SMP - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fasilitas Belum memadai, Siswa SD di Kota Blitar Ikuti ANBK Dengan Cara Menumpang Disekolah SMP
Pelaksanaan ANBK Siswa SD Yang Digelar Di SMPN 1 Kota Blitar (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Tak Ada Komputer dan Internet untuk ANBK, 57 SD di Kota Blitar Numpang di Lab Komputer SMP

Satukanal.com, Blitar – Sejumlah siswa kelas 5 SD di Kota Blitar mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 dengan cara menumpang di Lab komputer SMP terdekat. Hal itu lantaran minimnya fasilitas komputer dan jaringan Internet, Rabu (17/11/2021).

Dari 61 SD di Kota Blitar yang melaksanakan ANBK, sebanyak 57 SD harus mengikuti ujian dengan cara meminjam tempat di SMP.

Seperti yang dilakukan SDI Kota Blitar. Para siswa SDI Kota Blitar mengikuti ANBK dengan cara menumpang di laboratorium komputer SMPN 1 Kota Blitar, Rabu (17/11/2021).

Kepala SDI Kota Blitar, Lumatus Sanayah mengatakan siswa SDI mengikuti ANBK pada gelombang kedua. ANBK gelombang kedua dilaksanakan dua hari mulai Rabu (17/11/2021) sampai Kamis (18/11/2021).

“Kami mengikuti ANBK gelombang kedua pada sesi kedua dengan menumpang di SMPN 1 Kota Blitar,” kata Lumatus.

Baca Juga :  Sertifikat Penghargaan Diberikan kepada Layanan Kesehatan dan Tenaga Medis di Kota Malang

Dikatakannya, ada 30 siswa kelas 5 SDI Kota Blitar yang mengikuti ANBK. Pelaksanaan ANBK untuk siswa SD baru kali pertama diterapkan. Para siswa sudah mengikuti simulasi sebelum melaksanakan ANBK.

“Pelaksanaan ANBK berjalan lancar. Selain sudah mengikuti simulasi, para siswa juga sudah terbiasa mengerjakan ujian menggunakan komputer di sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, SDI Kota Blitar harus melaksanakan ANBK dengan menumpang di SMPN 1 karena fasilitas komputer dan jaringan internet di sekolah belum memadai.

“Sebenarnya, kami sudah memiliki komputer di sekolah, tapi spesifikasinya belum memadai untuk ANBK. Kami usahakan, tahun depan sudah bisa melaksanakan ANBK secara mandiri,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Blitar, Rini Winarni mengatakan jumlah SD negeri dan swasta di Kota Blitar ada 63 lembaga. Dari total itu, hanya 61 lembaga yang mengikuti ANBK. Dua lembaga tidak mengikuti ANBK karena tidak memiliki siswa kelas 5.

Baca Juga :  Atlet Peraih Medali di PON Papua Dapat Hadiah dari Pemkot Blitar

Dari 61 lembaga yang mengikuti ANBK, hanya ada 4 lembaga yang sudah melaksanakan ANBK secara mandiri. Sedang 57 lembaga mengikuti ANBK dengan cara menumpang di SMP.

“Ujian berjalan lancar, para siswa antusias mengikuti ANBK,” katanya.

Dikatakannya, ANBK tingkat SD di Kota Blitar digelar dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Senin (15/11/2021) dan Selasa (16/11/2021). Sedangkan gelombang kedua digelar pada Rabu (17/11/2021) dan Kamis (18/11/2021).

“Tiap gelombang dibagi menjadi dua sesi. Rata-rata tiap sekolah ada 30 siswa yang mengikuti ANBK,” ujarnya.

 

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Ubaidhillah 

Kanal Terkait