Tahun Baru Imlek, Tanpa Barongsai dan Wayang Potehi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Barongsai dan Wayang Kotehi di Tiadakan, Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tahun Baru Imlek, Tanpa Barongsai dan Wayang Potehi

SATUKANAL.com, KEDIRI – Klenteng Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri, meniadakan seni pertunjukan Barongsai dan Wayang Potehi dalam perayaan tahun baru 2572 Imlek, Jumat (5/2/2021).

Tidak seperti tahun sebelumnya. Adanya bencana non-alam pandemi Covid-19, mengakibatkan peniadaan kegiatan yang mendatangkan keramaian dan kerumunan masyarakat. Dalam tahun ini fokus untuk beribadah agar pandemi Covid-19 cepat berakhir.

“Tahun ini, untuk barongsai kita tiadakan. Juga untuk pertunjukan wayang Potehi juga ditiadakan. Karena pandemi, kita tetap mematuhi peraturan Pemerintah,” kata Sekretariat Humas Klenteng Tri Darma Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri, Halim Prayoga, kepada Satukanal.com, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga :  Budi Sudarsono Hengkang Dari Persik 

Disebutkan, seni pertunjukan Barongsai dan Wayang Potehi telah dilakukan secara rutin pada setiap menjelang tahun baru Imlek. Seni ini telah menjadi adat-istiadat yang tidak hanya dilaksanakan di dalam Klenteng, namun juga dibeberapa tempat seperti Mall, Restoran, dan jalan raya Kota Kediri.

Menurutnya, pertunjukan tersebut bertujuan untuk memberikan kebahagiaan kepada warga Kota Kediri. Sama seperti halnya tahun baru Imlek yang malambangkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tahun yang akan datang ialah ‘Shio Kerbau’, menandakan bekerja keras. Hewan kerbau kan tipikal pekerja keras. Artinya meskipun di masa pandemi ini, tetap jangan patah semangat,” terangnya.

Baca Juga :  Kesulitan Memberi Makan Ular Piton, Si Pawang Tawarkan Foto Bersama di Trotoar

Di masa pandemi Covid-19, pihaknya tetap mengikuti himbaun dari pemerintah terkait menghindari kerumunan dan keramaian masyarakat. Termasuk dalam peribadatan sembahyang para jemaat Tionghoa, diharapkan para jemaat berdoa di rumah masing-masing.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kita semua kesehatan dan keselamatan. Dan semoga di tahun yang akan datang, semua perekonomian masyarakat bangkit. Serta bencana alam tanah longsor, gunung meletus, dan banjir bisa diatasi bersama,”  tutup Halim.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait