Tahun 2022, Pemkot Batu Targetkan Tiap Desa Punya Satu Perpustakaan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tahun 2022, Pemkot Batu Targetkan Tiap Desa Punya Satu Perpustakaan
Ilustrasi perpus desa Kota Batu (Foto: Bayu/ Satukanal.com)
ADV BERITA Kanal Straight

Tahun 2022, Pemkot Batu Targetkan Tiap Desa Punya Satu Perpustakaan

Satukanal.com, Batu – Budaya literasi memang penting dipupuk sejak dini. Guna meningkatkan budaya literasi kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Batu rutin melakukan sosialisasi guna memberikan kesadaran akan pentingnya literasi.

Perpustakaan desa (perpusdes) di Kota Batu terbaru hanya ada di 4 desa yakni di Desa Beji, Desa Oro-oro Ombo, Desa Sumberejo dan Desa Tulungrejo.

Sementara, pada tahun 2022 mendatang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu mendorong 24 desa/kelurahan di kota Batu agar memiliki perpustakaan desa (perpusdes).

”Kami targetkan hingga 2022 nanti. Kami terus berusaha menggugah kepala desa mewujudkan Perpusdes,” ujar Santi Restuningsasi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu dilansir dari laman tribunnews.

Baca Juga :  Siap Bantu UMKM Lakukan Ekspor, Dekranasda Kabupaten Blitar: UMKM semangat kembali

Terkait dengan persiapan anggarannya, Santi mengatakan bahwa perpusdes tidak butuh biaya besar. Perkiraan anggaran untuk pembangunan Perpusdes hanya mencapai Rp100-200 juta.

Mendatang, lanjut Santi, perpusdes dioperasikan dan dikelola secara mandiri oleh pihak desa. Sehingga eksistensi Perpusdes tergantung juga dari perhatian desa masing-masing dalam pengelolaannya.

Nantinya, anggota pengelola perpusdes, pihak desa bisa memberdayakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa, Posyandu dan karang taruna di setiap desa.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar sinkronisasi program sesuai tujuan awal.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik Nasional, KTH Siap Dibuka Kembali

Sebagai informasi, selain menggalakkan budaya literasi di desa-desa. Di lingkungan sekolahpun perpustakaan merupakan salah satu tempat yang wajib ada. Sebelumnya terdapat delapan sekolah yang mendapatkan penilaian bagus untuk perpustakaannya. Sekolah tersebut diantarannya:

  • SDN Junrejo 01 mendapatkan nilai A,
  • MTS Negeri Batu mendapatkan nilai A,
  • MAN Batu mendapatkan nilai A,
  • SDN Oro-Oro Ombo 02 mendapatkan nilai B,
  • SDN Sisir 03 mendapatkan nilai B,
  • SDN Tulungrejo 04 mendapatkan nilai B,
  • SMPN Negeri 02 mendapatkan nilai B,
  • SMPN Negeri 03 mendapatkan nilai B, (Adv)

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait