Tahun 2021 Kemendikbud Naikkan Anggaran Perguran Tinggi Sebesar 70% | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tahun 2021 Kemendikbud Naikkan Anggaran Perguran Tinggi Sebesar 70%
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tahun 2021 Kemendikbud Naikkan Anggaran Perguran Tinggi Sebesar 70%

SATUKANAL.com, NASIONAL – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) pada tahun 2021 mendatang akan meningkatkan anggaran untuk Perguruan tinggi negeri (PTN) dan Perguruan tinggi swasta (PTS) dengan kenaikan sebesar 70%. Adanya peningkatan anggaran tersebut, bertujuan agar Perguruan tinggi dapat memberikan perubahan kedepannya.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, selama 10 tahun Indonesia telah berhasil meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi baik negeri dan swasta. Hal ini terlihat dari Angka Partisipasi Kasar (APK) yang naik dari 25% ke 36%. “Ini bukan pencapaian yang mudah. Apresiasi harus diberikan kepada pihak yang sudah berhasil meningkatkan jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam pendidikan tinggi,” katanya pada peluncuran Merdeka Belajar episode 6 secara daring pada Selasa (3/11/2020)

Kemendikbud dalam hal ini telah merangkum perubahan-perubahan yang terbagi menjadi delapan indikator kinerja utama (IKU), Pihak Kemendikbud juga terus berupaya untuk melakukan monitor setiap kegiatan-kegiatan dan memberikan apresiasi kepada Perguruan tinggi dalam bentuk pendanaan.

Baca Juga :  Kemendikbud Buka Satu Juta Formasi PPPK Guru

Sebelum ditentukan menjadi delapan IKU, begitu banyak indikator dan pertimbangan yang dilakukan. “Jadi, kami sederhanakan dengan 8 IKU saja, ini yang kami maksud sebagai indikator utama yang akan menghasilkan perubahan terbesar seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo,” pungkasnya.

Mendikbud menegaskan, saat ini tidak hanya kuantitas yang dikejar melainkan kualitas. Tidak hanya meningkatkan lulusan yang lebih baik namun jumlah pendanaan juga perlu ditingkatkan. Nadiem menjelaskan, saat ini Kemendikbud memberi perhatian pada peningkatan anggaran. Akan tetapi kenaikan anggaran ini harus dikaitkan dalam konteks kinerja untuk mencapai mutu yang pemerintah inginkan.

Mendikbud, mencatat anggaran yang disalurkan kepada PTN dan PTS pada 2020 sebanyak Rp2,9 triliun. Pada 2021 menjadi anggaran dinaikan menjadi Rp4,95 Triliun. Kenaikan anggaran perguruan tinggi memiliki tiga tujuan yakni, melahirkan lulusan yang produktif agar mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat dan berpenghasilan layak, agar dosen lebih mengerti kebutuhan dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan nyata di masyarakat dan menyusun kurikulum dan proses pembelajaran yang mengasah kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah.

Baca Juga :  Kemendikbud Gelar Acara Penyusunan URK DAK Untuk Tahun Anggaran 2021

Mendikbud juga  akan memberi dana matching fund sebesar Rp 250 miliar kepada perguruan tinggi. Asalkan perguruan tinggi bisa melakukan kolaborasi dengan mitra dalam membangun inovasi yang dapat berdampak bagi masyarakat luas. Dana matching fund juga merupakan program yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Program matching fund akan diprioritaskan untuk kemitraan yang memiliki dampak terbesar terhadap tingkat Indikator Kinerja Utama (IKU), potensi untuk menyelesaikan masalah di masyarakat, dan tingkat partisipasi mahasiswa.
.

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait