Tahap Penghentian TV Analog, Warga Miskin Bakal Terima STB Gratis - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tahap Penghentian TV Analog, Warga Miskin Bakal Terima STB Gratis
Televisi (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

Tahap Penghentian TV Analog, Warga Miskin Bakal Terima STB Gratis

Satukanal.comNasional – Bagi masyarakat yang sebelumnya menggunakan TV analog dan hendak beralih ke TV digital, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemerintah bakal menyiapkan sebanyak 6,7 juta Set Top Box (STB) TV Digital gratis.

Apabila ingin mendapat STB secara gratis yakni harus masuk dan tergolong dalam rumah tangga miskin. Data ini bisa diperoleh melalui kantor kelurahan, desa ataupun kecamatan di wilayah tersebut.

“Menurut perhitungan sementara data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial, 6,7 juta rumah tangga miskin akan mengalami migrasi analog ke siaran digital. kami sedang menyiapkan yang benar-benar membutuhkan sesuai tahapan tadi,” terangnya.

Baca Juga :  4 Tips Basmi Gulma di Halaman Rumah

Penyaluran tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran juga mengatur tentang STB.

Dalam ayat 1 Pemerintah membantu penyediaan alat bantu penerimaan siaran atau STB kepada rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi secara digital secara teresterial.

Ayat 2 menjelaskan penyediaan alat bantu penerima siaran atau STB kepada rumah tangga miskin sebagaimana dimaksud di ayat 1 berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing, yakni:

  • Lembaga Penyiaran Publik (LPP),
  • LPP Lokal,
  • Lembaga Penyiaran Swasta (LPS),
  • Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK).
Baca Juga :  Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Vaksin, Ketahui Kontraindikasinya!

Dalam ayat 3, penyediaan alat bantu penerima siaran atau STB sebagaimana dimaksud di ayat 2 tidak mencukupi, jadi kalau penyelenggaran multipleksing belum mencukupinya dapat berasal dari APBN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Kalau saya tidak salah ingat yang sudah di komitmen bersama-sama kita sebanyak 1 juta dari permintaan atau dari usulan Kominfo sebanyak 3 juta, sehingga masih kita cari jalan keluar yang tersisa 2 jutanya,” ujarnya.

Sebagai informasi, penghentian TV Analog rencananya akan dilakukan dalam tiga tahap, yakni:

  • Tahap 1 pada 30 April 2022,
  • Tahap 2 pada 25 Agustus 2022,
  • Tahap 3 pada 2 November 2022.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait