Sutiaji Ingatkan Mahasiswa Tidak Menjadi Beban Bonus Demografi 2050 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Straight

Sutiaji Ingatkan Mahasiswa Tidak Menjadi Beban Bonus Demografi 2050

Satukanal.com, Malang – Wali Kota Malang Sutiaji menyebut bonus demografi Indonesia di tahun 2050 mendatang bukan hanya menjadi kekuatan namun juga bisa menjadi beban bangsa.

Dijumpai pada Simposisum Kebangsaan di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Sutiaji menyatakan bahwa bonus demografi menjadi beban ketika pendidikan di Indonesia hanya diselenggarakan secara verbalis.

Belum lagi ketika tingkat pengangguran di Kota Malang semakin meningkat, menjadi poin utama yang berulang kali disampaikan Walikota Malang ini terhadap para generasi muda khususnya di Kota Malang.

“Habis kuliah dia (para mahasiswa) hanya bawa ijazah, pergi kesana-kemari untuk menjadi pegawai. Ini kan beban. Bagaimana ke depan mahasiswa kreatif, pendekatannya (sistem pembelajaran) bukan verbalis,” Ujar Sutiaji pada Senin (10/1/2022).

Baca Juga :  Cocok Untuk Diet, Cokelat Moodco Punya Kandungan Gula yang Rendah

Sutiaji mengungkapkan bahwa pendidikan yang diterapkan di Indonesia seharusnya mampu mengajak mahasiswa maupun para pelajar dan generasi muda melihat ke arah realisasi. Learning by doing atau dapat juga dikatakan mempelajari sesuatu dengan melakukannya terlebih dahulu, harus sudah mulai diperkuat. Tak hanya berhenti di situ, pembelajaran di dalam kelas bukan menjadi satu-satunya sumber dan bahan ajar, namun dapat dilakukan dimanapun.

“Kita perlu paradigma baru berkaitan dengan pendidikan. Saat ini ada modul baru yakni Kampus Merdeka Merdeka Belajar,” lanjutnya.

Baca Juga :  Dosen Universitas Ma Chung Kembangkan Alat Bantu Difabel Kursor Sensor

Ia juga menambahkan bahwa diferensiasi dalam proses pendidikan amatlah penting diterapkan mengingat setiap mahasiswa memiliki kapasitas yang berbeda sehingga mustahil menjadikannya untuk seragam.

“Perlu dikuatkan untuk mahasiswa. Penguatan literasi dan kemandirian, Tangguh ideologi, Tangguh karakter kita dan Tangguh ekonomi juga dengan mandiri,” ungkapnya.

 

 

Penulis ;  Lutfiah

Editor    :  John 

Kanal Terkait