Surat Edaran Tak Panik Hadapi Corona, Cara Wali Kota Malang Tenangkan Warga | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
suspect Corona
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Surat Edaran Tak Panik Hadapi Corona, Cara Wali Kota Malang Tenangkan Warga

SATUKANAL, MALANG – Beberapa pekan terakhir, marak isu terkait munculnya suspect Corona atau Covid-19 di Kota Malang. Masyarakat pun mulai resah.

Wali Kota Malang Sutiaji menekankan agar masyarakat tetap tenang dan tidak bereaksi berlebihan terhadap merebaknya virus Corona. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang berlangsung Sabtu (14/3/2020) di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Dalam rakor tersebut hadir Forkopimda Kota Malang, jajaran rektor dan pimpinan perguruan tinggi, Rumah Sakit Saiful Anwar, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur serta jajaran perangkat daerah di Kota Malang.

Rakor tersebut digelar pasca maraknya kabar ada mahasiswa Universitas Brawijaya yang terkena virus Covid-19. Sutiaji mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta hidup sehat harus terus dilakukan.

Baca Juga :  Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak

“Budaya hidup bersih dan sehat harus terus kita tanamkan agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga sehingga tubuh kita tidak rentan terjangkit virus, bukan hanya virus Covid-19,” ujar Sutiaji.

Selain itu, menurut SUtiaji, rakor tersebut dilakukan untuk menyamakan langkah serta persepsi pada seluruh elemen masyarakat di Kota Malang dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19.

Sutiaji menambahkan, bahwa ia akan segera mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat dan dunia pendidikan agar tidak terjadi kepanikan dalam rangka menghadapi virus Corona ini.

Hal itu juga sebagai tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Jawa Timur no. 443/4146/201.3/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Covid-19.

“Kegiatan berkumpul juga tetap bisa dilaksanakan jika memang dibutuhkan namun tetap memperhatikan protokol komunikasi covid 19 yang telah ditetapkan seperti memantau suhu tubuh para peserta,” jelasnya.

Baca Juga :  Diskopindag Kota Malang Gelar IKM FEST Guna Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Melalui rakor ini, lanjutnya, Sutiaji berharap akan ada kesamaan langkah dan upaya diantara elemen masyarakat dalam kolaborasi pentahelix agar kasus Corona tidak merambah di wilayah Kota Malang.

Selain itu, Sutiaji juga menyatakan bahwa Kota Malang masih aman dan nyaman untuk kegiatan serta aktivitas sosial yang bersifat massal. “Jadi Pemkot Malang tidak mengambil pilihan untuk menghentikan even massal (CFD, red) dan yang lainnya,” terangnya.

“Yang kami lakukan adalah meluncurkan serta menugaskan petugas dinas kesehatan dan semua jajaran Puskesmas untuk melakukan sosialisasi serta edukasi tentang Covid-19 dan pola hidup bersih sehat di aktivitas-aktivitas massa,” pungkasnya.

Redaktur: N Ratri

Kanal Terkait