SATUKANAL.COM
Bayi perempuan saat pertama ditemukan (Istimewa)
BERITA

Sudah Diadopsi Orang Tua Asuh, Dinsos Batu Mendapatkan Kritik. Kok Bisa?

Satuchannel.com, Kota Batu – Pasca kasus penemuan bayi di jalan Melati, Desa Pesanggrahan Kota Batu, beberapa Minggu lalu, kini kondisinya mulai membaik. Hal ini usai mendapat perawatan intensif di RS Hasta Brata selama tujuh hari.

Kini, bayi malang berkelahi perempuan tersebut, dikabarkan telah diadopsi oleh orang tua asuh.

Hal ini diungkapkan, Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan sosial Dinas Sosial Kota Batu, Sri Yunani yang telah mendapat kabar tersebut dari RS Bhayangkara

“Kami dapat info sekitar hari Minggu dari Pihak Bhayangkara. Katanya dari Pihak Polres, untuk lebih lanjutnya belum kami terima laporan lanjutan terkait hal ini. Kami menyayangkan bahwa proses berlangsung tanpa sepengetahuan dari pihak Dinsos.” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Senin (11/9).

Sri Yunani (DAP)

Secara sistematis, prosedur adopsi bayi dengan kasus yang sama harus melalui prosedural laporan oleh Dinsos. Hal ini berada di bawah kewenangan UPT Perlindungan Bayi Terlantar di Sidoarjo.

Akibatnya, dari pihak Dinsos mendapat banyak kritik dari pihak orang tua yang lebih dulu menyatakan minat adopsi bayi tersebut. Setidaknya sekitar 30 pasangan yang ajukan minat serupa.

Secara terpisah, Ipda Dodik Bintoro, Kasubbag Perencanaan dan Administrasi RS Hasta Brata, mengatakan bahwa status bayi diserahkan kembali ke pihak Polsek Batu. Terkait siapa yang mengadopsi, Dodik mengaku tak tahu pasti.

“Kondisi bayi dinyatakan sehat, setalah sehat kami kembalikan ke Polres Batu, soal siapa yang mengadopsi saya tidak tahu. ” ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon.

Kanal Terkait