Sudah 2 Kali Vaksin Covid-19, Penumpang Pesawat Tak Wajib Tes PCR - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mulai 2022 Bandara Soekarno-Hatta Bakal Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah
Ilustrasi bandara saat PPKM (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Sudah 2 Kali Vaksin Covid-19, Penumpang Pesawat Tak Wajib Tes PCR

Satukanal.com, Nasional – Kabar baik bagi para penumpang transportasi udara yakni pesawat. Sebab, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi menerbitkan Instruksi Mendagri atau Inmedagri Nomor 57 tahun 2021 yang yang tidak mewajibkan penumpang yang telah divaksin untuk tes swab polymerase chain reaction (PCR).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, aturan ini akan berlaku efektif mulai 3 November 2021 pukul 00.00 WIB. Sementara itu, berikut adalah persyaratan terbaru yang wajib dipenuhi para penumpang pesawat udara yang keluar atau masuk wilayah Jawa dan Bali diantarannya:

  • Wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19,
  • Penumpang yang telah divaksin lengkap dua dosis wajib menunjukan hasil negatif antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan,
  • Penumpang yang baru menerima satu dosis vaksin wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.
Baca Juga :  Temuan Kecurangan CPNS di Kemenkumham, Hasil SKD Diundur

Selanjutnya untuk pesawat udara yang terbang antar wilayah Jawa dan Bali diwajibkan:

  • Menunjukkan bukti vaksin Covid-19,
  • Penumpang yang telah divaksin lengkap dua dosis wajib menunjukan hasil negatif antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan,
  • Penumpang yang baru menerima satu dosis vaksin wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi pelaku perjalanan udara yang masih berusia di bawah 12 tahun tidak diwajibkan untuk menunjukan kartu vaksin Covid-19. Selain itu, pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat menerima vaksinasi juga di kecualikan. Namun, tetap diwajibkan melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit.

Baca Juga :  Terdapat 4 Fase Menstruasi, Kaum Hawa Harus Paham

Sebagai informasi, update penyebaran pasien corona dari data Satgas Covid-19, pada Selasa (2/11/2021) ada tambahan 612 kasus baru. Sehingga total menjadi 4.245.373 kasus positif Corona.

Meski melandai, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah Covid-19, dimulai dari menekan angka penularan.

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait