Subtitusi Pakan, Cara Terbaik Secret Zoo Bertahan di Tengah Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Subtitusi Pakan, Cara Terbaik Secret Zoo Bertahan di Tengah Pandemi
Salah satu satwa yang ada di Batu Secret Zoo (Foto: Instagram batusecretzoo.officia)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Subtitusi Pakan, Cara Terbaik Secret Zoo Bertahan di Tengah Pandemi

Satukanal.com, Batu– Pemberlakuan sejumlah aturan selama PPKM Darurat ini memberi dampak di berbagai sektor. Seperti halnya dengan wisata Secret Zoo yang berada di kota Batu. Mereka terpaksa tutup total demi mematuhi aturan dari pemerintah.

Pihak pengelola mengaku legowo atas keputusan pemerintah dan tetap merawat seluruh fauna yang ada layaknya kondisi normal. “Kondisi satwa di sini baik dan kami rawat seperti biasa. Bahkan, selama PPKM Darurat telah lahir beberapa anakan baru. Salah satunya Colobus Monkey, kami satu-satunya di Indonesia yang berhasil breeding hewan ini,” ungkap Guest Relation Officer Jatim Park 2, Edo Mayranda Hardi Pratama, Jumat (16/7/2021)

Edo menyebut jika satwa-satwa yang ada di Secret Zoo, saat ini tetap dirawat oleh keeper seperti biasa. Supervisi dokter pun juga dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan para hewan yang berada di sana. Meski begitu, Edo membenarkan adanya kesulitan terkait pemasukan sebagai imbas dari penutupan total yang diberlakukan.

Baca Juga :  Es Campur Mbah Said, Melegenda Sejak 1954 di Sejuknya Kota Batu

Namun, menurutnya hal itu bukan menjadi halangan pihak pengelola untuk tidak bertanggung jawab atas satwa yang ada di wisata fauna itu. “Kami akan tetap bertanggung jawab terhadap satwa-satwa. Tetapi kami juga memiliki keterbatasan dan akan berusaha untuk bertahan,” harapnya.

Untuk sementara, subtitusi pakan merupakan jalan terbaik yang dipilih. Apalagi, kebutuhan nutrisi satwa harus tetap terpenuhi di tengah kondisi  yang memaksa  tidak adanya income. Orangutan adalah contoh satwa yang telah melakukan subtitusi pakan. Mereka memberikannya buah musiman seperti sawo, rambutan dan melon.

Ia berharap agar pandemi segera menghilang. Lantaran mereka rindu untuk dikunjungi wisatawan yang peduli satwa lagi. Di lain sisi, dampak peraturan tak hanya melibatkan sektor pariwisata. Para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada disekitarnya juga ikut merasakan.

Baca Juga :  Pemakaman Jenazah Covid-19 Secara Mandiri Diberi Lampu Hijau!

Tidak ada lagi bus wisatawan yang terparkir, kios-kios di pinggir jalan terkunci rapat,  lapak-lapak tertutupi tenda tanpa adanya pembeli. “Semuanya tutup dari tanggal 3 Juli lalu, hanya saya yang tetap buka. Karena masih banyak yang mencari pakan untuk peliharaannya” ungkap Dani, salah satu pedagang pakan di sekitaran Batu Secret Zoo.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dalam tiga pekan terakhir jam operasionalnya tak pasti. Pendapatan pun tak menentu. Namun, masih dapat dipastikan ia buka setiap hari. “Ya semoga saja pemberlakuan ini tidak jadi diperpanjang, agar kami bisa kembali hidup normal dan layak” harapnya.

 

 

Pewarta : Yulsa Zenna, Wildan Agta
Editor : Adinda

Kanal Terkait