Subsidi BPJS Kelas 3 Dikurangi, Benarkah Cover Vaksin Gratis? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Subsidi BPJS Kelas 3 Dikurangi, Benarkah Cover Vaksin Gratis?
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Subsidi BPJS Kelas 3 Dikurangi, Benarkah Cover Vaksin Gratis?

SATUKANAL.COM, NASIONAL – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk membiayai program vaksin gratis tersebut.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, saat ini sudah ada anggaran sebesar Rp 54,4 triliun yang siap dicadangkan untuk program vaksinasi virus corona untuk penanganan pandemi Covid-19 tahun depan.

Anggaran vaksin virus corona ini akan didapatkan dari alokasi di APBN 2021 sebesar Rp 18 triliun. Dan alokasi anggaran kesehatan di Program Pemulihan Ekonomi  Nasional (PEN) 2020 sebesar Rp 36,4 triliun yang belum dipergunakan.

Namun Deputi Direksi Bidang Manajemen Iuran BPJS Kesehatan, Ni Made Ayu Sri Ratna Sudewi, memaparkan kenaikan BPJS tersebut untuk peserta kelas 3. Hal ini dikarenakan penyesuaian adanya pengurangan, besaran jumlah subsidi yang ditanggung pemerintah.

Baca Juga :  Hari ini, pendaftaran SNMPTN 2021 resmi dibuka. Begini Tahapannya

Penerapan kenaikan BPJS ini mengacu pada Perpres Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Jaminan Kesehatan Nasional.

Ratna menjelaskan bahwa besaran iuran untuk kelas 3 masih sama yakni Rp 42.000/ Bulan. Namun subsidi dari pemerintah berkurang semula Rp 16.500 kini menjadi Rp 7.000. Jadi peserta BPJS kelas 3 semua membayar Rp 22.500 kini naik menjadi Rp 35.000.

Hal ini juga menjadi polemik dalam masyarakat, dimana hadirnya vaksin gratis juga disusul dengan penurunan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Walaupun penurunan subsidi tersebut, diklaim JKN sebagai peyelamat defisit anggaran beban iuran yang terlambat dibayar pemerintah.

Baca Juga :  Sering Terpapar Polusi Dan Asap Rokok? 5 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Dicoba

“Tujuan penyesuaian iuran ini adalah menjamin sustainbility, program JKN. Program tersebut yang merupakan pilar kesejahteraan masyarakat. Sehingga perhatian atas manfaat maupun kecukupan pendanaan ini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat,” ungkap Ratna menjelaskan.

 

 

 

Pewarta : Yuni Shafera
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait