Suasana Pandemi Belum Pulih, Penjualan Anggrek Masih Menurun - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Suasana Pandemi Belum Pulih, Penjualan Anggrek Masih Menurun
Salah satu penjual aggrek di Kota Batu (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Suasana Pandemi Belum Pulih, Penjualan Anggrek Masih Menurun

Satukanal.com, Batu – Ditengah pandemi yang masih berlanjut, beberapa sektor kembali bangkit. Namun, tidak dengan penjualan anggrek yang masih menurun. Pandemi yang masih berlanjut membuahkan beberapa peraturan, yang secara langsung berimbas ke masyarakat.

Kota Batu yang mayoritas warganya menggantungkan diri pada sektor ekonomi cenderung merasa keberatan akan beberapa aturan tersebut. Pasalnya, kunjungan wisatawan anjlok jauh dari semarak waktu normal.

Salah satunya penjual bunga anggrek, Widya Kinasih yang berada di Jalan Berbunga, Kecamatan Batu contohnya. “Pendapatan turun sampai 50 persen. Alasannya ya karena tidak ada tamu dari luar daerah,” katanya Kamis (10/6/2021).

Sebelum pandemi melanda, setiap harinya ia bisa menjual hingga 200 pot anggrek. Namun, saat ini Widya hanya bisa menjual kurang lebih 100 tanaman cantik ini per-harinya. Namun demikian, dirinya menganggap masih beruntung.

Hal tersebut lantaran, penjual tanaman anggrek lainnya bisa sama sekali tak laku dagangannya dalam sehari. Alasannya karena mayoritas pembelinya yang merupakan para tengkulak dan tidak mengandalkan datangnya para wisatawan saja.

Baca Juga :  Bermula dari Tugas Mendekor Aula Arhanud, Keterusan Jadi Eksportir Tanaman Hias

“Karena sudah ada langganan tengkulak jadi tak begitu terimbas. Kalau cuma mengandalkan dari datangnya wisatawan saja, pasti sudah tidak cukup untuk kebutuhan,” ujarnya.

Bunga anggrek memang selalu menjadi primadona tanaman hias. Bunganya yang cantik dengan bentuk unik membuat tanaman hias ini menjadi idaman. Penempatannya yang bisa fleksibel seperti di dinding ruangan, juga menjadi nilai lebih.

Beberapa Wedding Organizer juga memanfaatkan tanaman hias ini untuk mempercantik dekorasi acara pernikahan. Pemilihan bunga anggrek lantaran, banyaknya warna-warni bunga anggrek yang cocok untuk memperindah ruangan.

Selain itu, Hujan yang kadang masih datang tidak jadi masalah perawatan. Lantaran tanaman tersebut yang juga cocok untuk disematkan diruangan indoor. Menurutnya dari perawatan tanaman ini yang terpenting adalah kesehatan udara.

Baca Juga :  Masih Terimbas, Pengusaha Batu Alam Sepi Orderan

Sementara, Penyiramaannya yang hanya dilakukan sekali dalam dua hari, menjadikan tanaman ini mudah dalam hal perawatannya. Sedangkan untuk pemupukan rutin diberikan seminggu sekali.

Media penanaman sangat mempengaruhi juga guna menjaga kesehatan anggrek. Semakin baik media penanaman yang digunakan, maka semakin mudah juga cara perawatannya.

Harga bunga anggrek dipasaran kini pun beragam. Anggrek bulan dihargai dari Rp 110 hingga 140 ribu. Sedangkan untuk jenis panda dibandrol dari Rp 225 sampai 250 ribu. Besar kecil ukuran tanaman juga mempengaruhi harga tanaman hias yang cocok di suhu dingin itu.

“Semoga kondisi segera normal dan wisatawan juga bisa kembali datang ke Kota Batu,” harapnya.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait