Stasiun Malang Berlakukan Tarif Baru Tes Genose C19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Stasiun Malang Berlakukan Tarif Baru Tes Genose C19
Kanal Straight

Stasiun Malang Berlakukan Tarif Baru Tes Genose C19

SATUKANAL.com, MALANG– Kenaikan tarif tes GeNose C19 dari Rp 20.000 menjadi Rp. 30.000 juga berlaku di Stasiun Malang, Jawa Timur. Kenaikan itu terhitung dari Sabtu (20/03/2021) kemarin.

Luqman Arif selaku Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (daop) 8 Surabaya menyebut kenaikan tafir GeNose C19 demi meningkatkan layanan KAI sekaligus adanya penambahan jumlah layanan tes GeNose di stasiun lainnya yang menyediakan tes ini.

“Kenapa naik itu yakni untuk meningkatkan layanan kami sekaligus menambah jumlah layanan tes GeNose di stasiun lainnya yang belum. Seperti Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, ini on progress,” kata Luqman.

Baca Juga :  Dari Warga untuk Warga, Kampung Telolet Wujudkan Perkampungan Produktif

Lebih lanjut, dikatakan jika hasil tes GeNose nantinya akan masuk dalam sistem perkeretaapian. Jadi, hasil pemeriksaannya nanti terintegrasi. “Hasil GeNose nanti masuk ke dalam sistem kami. Jadi penumpang yang memiliki tes GeNose tersebut bisa digunakan nak kereta api di stasiun manapun selama masa berlaku masih sesuai dengan ketentuan,” ungkapnya melanjutkan.

Sedangkan, masa berlaku tes GeNose yaitu 3×24 jam ketika hari aktif dan 1×24 jam ketika hari libur dan hari besar keagaamaan. Menurut luqman, mayoritas penumpang di Stasiun Malang menggunakan pemeriksaan GeNose sebagai persyaratan perjalanan dengan kereta.

“Secara jumlah memang mayoritas pakai GeNose. Rata-rata 300 penumpang di Stasiun Malang dalam sehari yang menggunakan GeNose dan rapid tes antigen itu sekitar 23 sampai 30 penumpang saja,” katanya.

Baca Juga :  Stop Bullying, PGRI Kota Malang Inisiasi Pembentukan Agen Perubahan di Tiap Sekolah

Kendati begitu, pihaknya mengaku tidak pernah mewajibkan para penumpang di Stasiun Malang harus menggunakan tes GeNose C19. “Penumpang dibebaskan untuk memilih antara memakai pemeriksaan GeNose atau rapid tes antigen,” katanya.

Adapun, pelayanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Malang memang sudah diberlakukan  sejak Minggu (28/02/2021) hingga saat ini. Untuk pemeriksaannya sesuai dengan jam operasional stasiun yaitu mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait