Stasiun Kediri Terapkan Tes GeNose C19, Cek Syarat dan Harganya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Stasiun Kediri Terapkan Tes GeNose C19, Cek Syarat dan Harganya
STRAIGHT NEWS

Stasiun Kediri Terapkan Tes GeNose C19, Cek Syarat dan Harganya

SATUKANAL.com, KEDIRI– PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, mulai melakukan pelayanan Tes GeNose C19 pendeteksi virus Covid-19 di Stasiun Kediri, Selasa (30/03/2021). Adanya pelayanan GeNose C19 ini menjadi alternatif syarat perjalanan Kereta Api (KA) yang sebelumnya mempunyai Tes Antigen.

Kepala Stasiun Kediri Wahyudi, mengungkapkan pelayanan GeNose hanya tersedia bagi penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh. Tentunya penumpang wajib datang sendiri ke lokasi Tes GeNose serta membawa tiket jarak jauh atau kode booking tiket.

“Untuk pelayanan GeNose penumpang wajib mempunyai tiket jarak jauh atau kode booking. Dan datang sendiri ke lokasi,” ungkap Wahyudi ke satukanal.com, Selasa (30/03/2021).

Baca Juga :  Target Usai Sebelum Ramadhan, Puskesmas Kediri Jemput Bola Vaksinasi untuk Lansia

Dia juga menjelaskan ada dua tahapan penumpang saat melakukan Tes GeNose. Tahap pertama, pendaftaran penumpang serta pemberian kantong sampel udara. Dan dilanjut tahap kedua menuju bilik Tes GeNose dengan meniupkan udara di dalam kantong sampel.

Saat penumpang di  dalam bilik tes GeNose, membutuhkan waktu kisaran 10 menit untuk sampai keluar hasil deteksi virus Covid-19. Misalkan kedapatan deteksi virus Covid-19, pihaknya akan menerapkan aturan seperti sebelumnya, yakni pengembalian tiket 100 persen.

“Apabila terdeteksi, kita akan menerapkan aturan-aturan sebelumnya yang sudah berjalan, pengembalian tiket 100 persen. Apabila tidak bisa melanjutkan perjalanan,” terangnya.

Baca Juga :  Larangan Mudik 2021, Perjalanan Mendesak Berlaku SIKM

Stasiun Kediri menerapkan waktu pelayanan Tes GeNose setiap hari, mulai jam 08.00 pagi, sampai 19.00 malam. Dengan harga 30 Ribu rupiah.

“Saya himbau KA jarak jauh, satu hari sebelumnya harus melakukan Tes Antigen atau GeNose. Sementara ini kita sudah siap dengan 2 unit alat GeNose,” tambahnya.

Selain Stasiun Kediri, PT KAI Daop 7 Madiun juga menerapkannya di beberapa Stasiun Besar lain seperti Stasiun Madiun, Stasiun Jombang, Stasiun Nganjuk, Stasiun Tulungagung, Stasiun Blitar, dan Stasiun Kertosono.

 

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait