Stasiun Kediri Lakukan Persiapan Posko Nataru di Masa Pandemi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Stasiun Kediri Lakukan Persiapan Posko Nataru di Masa Pandemi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Stasiun Kediri Lakukan Persiapan Posko Nataru di Masa Pandemi

SATUKANAL.com, KEDIRI– Stasiun Besar Kediri, di wilayah Daop 7, PT Kereta Api Indonesia (KAI), melakukan persiapan Posko Nataru dengan penambahan gerbong hingga pelayanan tiket online, yang dimulai pada tanggal 18 Desember 2020, sampai 6 Januari 2021.

Persiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang hari libur perayaan natal dan tahun baru 2021. Beda dari pada tahun sebelumnya, kali ini menjadi pertama Posko Nataru dimasa pandemi Covid-19.

“Untuk pelayanan tiket konvensional tidak ada lagi, pembelian tiket dilakukan melalui online KAI Acess. Sesuai dengan peraturan pemerintah, pencegahan penyebaran Covid-19. Penambahan juga 3 gerbong kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Kepala Satiun Kediri, Wahyudi Cahyadi, Rabu (16/12/2020).

Seperti persiapan hari libur pada tahun sebelumnya, hari natal diaksnakan pada tanggal 25 Desember, hingga menjelang 1 Januari. PT KAI  selalu mengalami lonjakan permintaan tiket penumpang yang mengakibatkan antrean kerumunan hingga penambahan kapasitas gerbong kereta penumpang.

Baca Juga :  BKD Kabupaten Kediri, Siapkan 893 Usulan Guru PPPK 2021

Wahyudi mengungkapkan persiapan kapasitas gerbong penumpang di Stasiun Kediri masih tersedia. Penambahan gerbong rutin tersedia samapai akhir bulan Desember untuk Rute perjalanan KA Kahuripan, KA Gajahyana, dan KA Malabar. Dilanjut penambahan untuk KA Majapahit dan KA Brantas.

Disebutkan, ditengah masa pandemi saat ini telah mengalami peningkatan jumlah penumpang pemberangkatan sebesar 5 persen. Siklus keramaian diprediksi terjadi saat mencapai arus balik pada tanggal 3 dan 4 Januari 2021.

“Biasanya titik keramaian menyebar dibeberapa tanggal. Karena sesuai kuota tiket dalam satu hari. Kalau tiket habis lanjut ke hari berikutnya. Sebanyak 50 persen masih tersedia tiket untuk rute ke Jakarta dan Bandung. Peningkatan penumpang sudah terjadi di KA Brantas, KA Mataremaja, KA Gajahyana,” ungkapnya.

Baca Juga :  GP Anshor Kabupaten Kediri, Berkomitmen Sinergi Menjaga NKRI

Dimasa pandemi ini, Wahyudi menyampaikan penambahan penumpang tercatat sekitar 50, hingga 60 penumpang per hari di Stasiun Kediri. Menjelang posko Nataru Ini, dirinya juga menambahkan tidak ada kenaikan tarif dalam pemesanan sistem pelayanan tiket penumpang.

“Untuk penerapan menjaga jarak, masih ditetapkan. Sebanyak 70 persen kapasitas setiap gerbong untuk penumpang. Pada satu gerbong kereta ekonomi berisi 106 penumpang. Sedangkan gerbong kereta eksekutif sebanyak 60 penumpang,” tutupnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait