SPSI Kediri Minta Pemkab Naikkan UMK | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
SPSI Kediri Minta Pemkab Naikkan UMK
Istimewa
BERITA EKONOMI HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

SPSI Kediri Minta Pemkab Naikkan UMK

SATUKANAL.com, KEDIRISerikat Seluruh Pekerja Indonesia (SPSI) Kediri, minta pemerintah Kabupaten Kediri untuk menaikkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar 5,65 persen, sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang baru saja dinaikan oleh gubernur Jawa Timur.

Sekretaris SPSI Kediri, Bahrul mengatakan, untuk mengupayakan hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) Kediri. Namun tidak ada respon positif.

“Kamis kemarin kita rapat dengan Depekab, dan kami walk out tidak menyepakati forum, karena sebagian besarnya mengarah ke UMK tetap,” jelas Bahrul, Selasa, 10 November 2020.

Bahrul juga mengatakan akan terus mengupayakan permintaan kenaikan UMK dengan cara melakukan komunikasi dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri. Jika dalam rapat tersebut tidak ada keputusan yang berpihak kepada buruh, maka SPSI Kediri akan melakukan aksi demo.

Baca Juga :  Konsep Berkebun Tabulampot, Mendulang Untung Hingga Ratusan Juta di Masa Pandemi

Dikatakannya, selain upaya tersebut, SPSI Kediri juga telah berkirim surat kepada gubernur lewat perantara Bupati Kediri. Untuk memastikan surat tersebut sampai, pihaknya telah berkoordinasi dengan SPSI Jawa Timur untuk turut mengawal tuntutan dari para buruh di Kediri.

”Usulan kenaikan UMK Kabupaten Kediri kita kirim kemarin, Senin, 9 Oktober 2020, dan harus sudah ditandatangani bupati dan dikirim ke Gubernur paling lambat surat dimeja pada Jumat, 13 Oktober 2020,” tuturnya.

Baca Juga :  Terancam Bangkrut Ketika Covid-19, Warga Kediri Sukses Jual Tanaman Langka Layaknya Monstera Janda Bolong

Lebih lanjut Bahrul berharap pemerintah mau menaikkan UMK di Kabupaten Kediri agar kesejahteraan buruh menjadi lebih baik. “Untuk jumlah buruh yang bergabung dengan SPSI Kediri ada sejumlah 5000 buruh, yang bekerja di 12 perusahaan,” tuturnya.

Sementara itu, terkait permintaan para buruh tersebut satukanal mencoba melakukan konfirmasi ke Disnaker Kabupaten Kediri, namun hingga berita ini ditulis belum ada jawaban dari Dinas terkait tuntutan tersebut.

 

Pewarta: M. Ubaidhillah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait