Songsong Hari Waisak, Umat Budha di Kota Kediri Lepas Ratusan Burung Pipit - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pelepasan ratusan burung pipit di Vihara Jayasaccako (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com
Pelepasan ratusan burung pipit di Vihara Jayasaccako (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com
BERITA Kanal Straight

Songsong Hari Waisak, Umat Budha di Kota Kediri Lepas Ratusan Burung Pipit

Satukanal.com, Kediri – Umat Budha Tridharma Kota Kediri pada hari Raya Waisak, melakukan pelepasan Burung Pipit di halaman Vihara Jayasaccako, Kelurahan Semampir, Selasa, 25 Mei 2021. Acara itu dilakukan untuk menyongsong perayaan hari Waisak yang jatuh pada tanggal Rabu, 26 Mei 2021.

Bhikkhu Vihara Jayasaccako, Wiriadharu mengatakan, pelepasan burung pipit memiliki filosofi pembebasan semua penderitaan bagi umat Budha. Adapun satwa yang di lepaskan kali ini sejumlah ratusan Burung Pipit.

“Acara ini dihadiri dari seluruh umat tridahrma Budha disini. Melepas satwa berarti membebaskan dari penderitaan. Rentetan acara untuk menyongsong hari Waisak,” kata Bhikkhu Wiriadharu, seusai pelepasan satwa burung di Vihara Jayasaccako kota Kediri, 25 Mei 2021.

Baca Juga :  Kembali Raih Prestasi WTP, Bupati Kediri Realisasikan Program Berbasis Tekhnologi

Dia juga mengungkapkan, perayaan Hari Waisak tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya. Sebelum melakukan acara beberpa beberapa petugas melakukan pemerikasaan protokol kesehatan (prokes), cek suhu tubuh, cuci tangan dengan memakai masker, lalu melakukan pemujaan doa-doa.

“Di tahun ini kami beharap bencana pandemi Covid-19 segera berakhir. Dan pandemi menjadi pelajaran, menjadi karma dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretariat Vihara Jayasaccako Kota Kediri, Feby Yudha Kristiantoro menambahkan, perayaan hari Waisak 2021 dilaksanakan mulai jam 5 sore hingga 7 malam dengan dihadiri sekitar 50 umat sekitar.

Baca Juga :  CJH Batal Berangkat, Pedagang Perlengkapan Haji Merugi Puluhan Juta

Secara pelaksanaan perayaan hari waisak tahun ini juga berbeda dari tahun lalu, yang hanya dilakukan secar online daring. Dengan dihadiri umat terbatas 50 persen dan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) lengkap.

Disebutkan, sebelum pandemi Covid-19 ada undangan umat hingga luar kota seperti Nganjuk, Blitar, dan Tulungagung. Namun kali ini, hanya dilaksanakan umat sekitar lokasi Vihara Jayasaccako kota Kediri.

“Agendanya hari ini Senin 25 Mei 2021, mempersiapkan patung Budha, yang hadir besok dari Kediri saja, tidak mengundang luar kota,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Anis Firmansyah
Edior: Ubaidhillah

Kanal Terkait