Somasi Komite SMKN 3 Boyolangu Ampuh, Satu Gugur karena Hal Ini | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Somasi Komite SMKN 3 Boyolangu Ampuh, Satu Gugur karena Hal Ini

Somasi yang dilayangkan Komite SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung, mulai menampakkan hasil. Dari lima surat somasi yang dilayangkan, satu somasi sudah dianggap gugur dan tidak akan berlanjut pada proses pidana karena hak jawab dan teguran yang disampaikan direspons.

“Somasi untuk satu media online sudah gugur karena mereka memberikan hak jawab sesuai yang kami minta,” kata Ketua Komite SMKN 3 Boyolangu Heri Widodo.

Sedangkan untuk surat somasi lain, Heri menegaskan yang ditujukan ke LSM Bintara justru dibalas dengan somasi. “Katanya sudah diterima. Saya belum membaca karena baru pulang dari Jakarta. Akan segera kami rapatkan,” ucapnya.

Somasi lain sudah dikirim namun belum mendapat jawaban adalah ke LSM Cakra, PKTP, dan admin MKT. “PKTP dan admin MKT ini tidak terdaftar di Bakesbang. Kami tidak mengetahui alamat dan ini sedang kami koordinasikan dengan polres,” tambah Heri.

Ternyata ada satu somasi lain yang dilayangkan untuk satu akun Facebook. Namun karena tidak diketahui alamatnya, komite mengirim somasinya ke perusahaan media online.

“Ada satu akun Facebook yang sering posting bahkan video dan di postingannya ada nama perusahaan media (sambil menyebut). Yang kami somasi orangnya, namun surat kami kirim ke kantor media itu,” terangnya.

Seperti diketahui, hak jawab dan somasi dari Komite SMKN 3 Boyolangu disampaikan kepada media redaksi Jurnal Media Indonesia, LSM PKTP (Perkumpulan Komunitas Tulungagung Peduli), LSM Cakra, LSM Bintara, serta admin group Facebook Masyarakat Kritis Tulungagung (MKT).

Dari kutipan yang diterima awak media, banyak poin lain yang dianggap komite perlu untuk mengeluarkan hak jawab dan somasi agar dalam membagikan informasi di publik tidak sembarangan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain dikirim ke masing-masing pihak, hak jawab dan somasi yang ditandatangani 9 orang dari 15 anggota komite itu juga dikirim ke Dewan Pers, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Cabdin Pendidikan Provinsi di Tulungagung, dan Polres Tulungagung.

Kanal Terkait