Soal Darah Gratis dan Persediaan Darah, Wawali Sutiaji Minta PMI Bersigap | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Soal Darah Gratis dan Persediaan Darah, Wawali Sutiaji Minta PMI Bersigap

Satuchannel.com, Kota Malang – Menyikapi adanya aduan mengenai sulitnya memperoleh darah gratis bagi peserta BPJS beberapa waktu lalulintas mb 2 Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji meminta untuk PMI memberitahu kepada seluruh rumah sakit, bahwa rumah sakit akan mendapatkan pasokan darah gratis bagi pasien yag membutuhkan apabila sudah bekerjasama dengan BPJS dan melakukan koordinasi dengan pihak PMI.

Hal ini dijelaskan untuk menjawab keluhan sejumlah masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS namun tidak otomotis memperoleh darah di rumah sakit ketika membutuhkan.

Baca Juga :  Bocah Asal Banyuwangi Berhasil Rebut Juara Lomba Tembak Reaksi di Malang

“Rumah sakit mestinya langsung kerjasama dengan PMI, karena nantinya PMI yang akan melakukan klaim terkait itu,” jelas Sutiaji.

Sutiaji menduga, adanya masalah tersebut disebabkan karena belum semua rumah sakit, khususnya yang berada di wilayah Kota Malang, melakukan kerjasama dengan PMI

Dalam kesempatan yang sama, wakil wali Kota Malang ini juga menyingung mengenai persediaan darah di bulan Ramadhan mendatang. Dirinya meminta PMI yang nantinya juga harapanya melibatkan PDDI, menyiapkan stok darah yang cukup.

Baca Juga :  Gelar Acara Bimtek Musrenbang, Wakil Wali Kota Malang : Kinerja Laskar Perencana Harus Optimal

“Biasanya Darah dibulan Ramdhan itu kurang, karena biasan pendonor dibulan itu kan kurang, sedangkan kebutuhan darah ketika H-3 dan H+ lebaran itu tinggi, karena sering banyaknya kasus kecelakaan,”. ungkapnya.

Sutiaji juga berharap untuk masalah persediaan darah itu, nantinya pihak-pihak yang terkait bisa tetap menyelenggarakan kegiatan dibulan Ramadhan untuk memenuhi pasokan tersebut. (Iqb)

Kanal Terkait